Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Investasi Asing Langsung di Indonesia Pada Tahun 2007-2022

Mustofa, Hafidz Zainul (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Investasi Asing Langsung di Indonesia Pada Tahun 2007-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Hafidz Zainul Mustofa_401200214_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penanaman modal asing secara langsung memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pendapatan, dan lapangan kerja, serta berkontribusi pada peningkatan teknologi, pembangunan sosial-ekonomi, distribusi pendapatan yang lebih baik, dan pengurangan kemiskinan. Teori investasi Keynes menyatakan bahwa investasi dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti suku bunga dan keadaan ekonomi suatu negara. Keadaan ekonomi dapat meliputi beberapa aspek, termasuk nilai kurs mata uang dan tingkat inflasi di negara tersebut. Dalam konteks Internalization Theories dijelaskan apabila nilai kurs mata uang suatu negara rendah atau jika tingkat inflasi di negara tersebut lebih rendah dibandingkan dengan negara lain, maka berinvestasi di negara tersebut dianggap lebih menguntungkan. Gap dalam penelitian ini terletak pada perubahan signifikan dalam kondisi ekonomi dan kebijakan investasi di Indonesia sejak tahun 2007, yang belum sepenuhnya dijelaskan oleh penelitian-penelitian sebelumnya serta kemungkinan adanya faktor-faktor baru yang mempengaruhi aliran FDI membutuhkan analisis yang lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis lebih lanjut mengenai seberapa besar pengaruh kurs mata uang, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga terhadap investasi asing di Indonesia. Sehingga dengan adanya penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang investasi asing di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang dapat dikategorikan data time series. Data yang digunakan terdiri dari data Triwulan yang mencakup rentang waktu dari tahun 2007 hingga tahun 2022. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu kurs, inflasi, dan suku bunga. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah investasi asing. Disisi lain, Variabel kontrol yang digunakan adalah PDB dan Ekspor. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Vector Error Correction Model (VECM) dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kurs pada periode sebelumnya berpengaruh negatif signifikan terhadap investasi asing dalam jangka panjang, sedangkan dalam jangka pendek kurs berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap investasi asing. Kemudian inflasi pada tahun sebelumnya berpengaruh negatif signifikan terhadap investasi asing dalam jangka panjang, teteapi dalam hubungan jangka pendek inflasi pada tahun sebelumnya berpengaruh positif tidak signifikan terhadap investasi asing dalam jangka pendek. Sedangkan suku bunga pada tahun sebelumnya berpengaruh positif signifikan terhadap investasi asing dalam jangka panjang, tetapi dalam hubungan jangka pendek suku bunga pada tahun sebelumnya berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap investasi asing dalam jangka pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:12
Last Modified: 04 Mar 2024 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27243

Actions (login required)

View Item View Item