Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Di SDN Pinggirsari Ponorogo

Devanda Arga Windastyana (2023) Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Di SDN Pinggirsari Ponorogo. 1.

[img] Text
206190014_DEVANDA ARGA WINDASTYANA_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Arga, Devanda. 2023. Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra Lembaga di SDN Pinggirsari Ponorogo. Skripsi, Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M. Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen, Humas, Citra Lembaga
Citra lembaga dibentuk berdasarkan usaha yang dilakukan melalui kolaborasi yang baik antara lembaga dengan masyarakat. Manajemen humas menjadi salah satu metode yang efektif dan efisien dalam membentuk citra lembaga. Citra lembaga yang baik tentunya dibangun dari manajemen humas yang baik pula. Kedua aspek ini harus terus berkesinambungan untuk menjaga citra lembaga di mata masyarakat/khalayak umum. Oleh karena itu peneliti memilih SDN Pinggirsari sebagai objek penelitian dalam upaya peningkatan citra di SDN Pinggirsari Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan menganalisis perencanaan humas dalam meningkatkan citra lembaga di SDN Pinggirsari Ponorogo. (2) Mengetahui dan menganalisis pelaksanaan humas dalam meningkatkan citra lembaga di SDN Pinggirsari Ponorogo. (3) Mengetahui dan menganalisis evaluasi humas dalam meningkatkan citra lembaga di SDN Pinggirsari Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan ethnography (penelitian kualitatif) yang merupakan jenis pendekatan yang melakukan penelitian dengan teknik observasi dan wawancara, serta dokumentasi sebagai modal utama untuk memperolah sumber data sebagai bahan kajian dan analisis.
Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa: 1) Perencanaan humas dalam meningkatkan citra lembaga di SDN Pinggirsari Ponorogo; (a) merumuskan program yang akan dilaksanakan dalam satu tahun pembelajaran kedepan, (b) adanya pelibatan warga sekolah SDN Pinggirsari dalam proses perencanaan, guna merumuskan strategi yang akan digunakan pada proses pelaksanaan, (c) menetapkan tujuan yang ingin dicapai dalam meningkatkan citra. 2) Pelaksanaan humas dalam meningkatkan citra lembaga di SDN Pinggirsari Ponorogo; (a) Sosialisasi kepada lembaga pendidikan TK, (b) Peran dan strategi kepala sekolah dalam menggerakkan anggotanya, (c) Menggunakan berbagai media sebagai sarana sosialisasi dalam rangka menciptakan hubungan komunikasi dan membentuk citra lembaga, (d) Pengadaan rapat yang konsisten dan kontinu untuk menyusun strategi humas serta melaksanakan dengan tertib dan tekun, (e) pelaksanaan manajemen humas dilakukan oleh seluruh elemen sekolah. 3) Evaluasi humas dalam meningkatkan citra lembaga di SDN Pinggirsari Ponorogo; (a) Pelaksanaan rapat pleno dan juga forum rapat kecil yang dilakukan secara berkala, mereview ulang seluruh program kerja dan melihat ketercapaian tujuan; (b) Teknik evaluasi yang dilakukan antara lain yaitu melalui rapat dan adanya tanya jawab atau kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan wali murid terhadap ketercapaian belajar peserta didik, dan juga sidak ke rumah siswa siswi untuk mendapatkan data yang lebih objektif.

Item Type: Patent
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Location: Ponorogo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Feb 2024 05:17
Last Modified: 27 Feb 2024 05:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27239

Actions (login required)

View Item View Item