..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Pencegahan Pergaulan Bebas Dan Perilaku Zina di SMK Ma’arif Dolopo Madiun

khoirunisa', Anggun nila (2022) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Pencegahan Pergaulan Bebas Dan Perilaku Zina di SMK Ma’arif Dolopo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi anggun up e theses.pdf

Download (2MB)

Abstract

Khoirunisa’, Anggun Nila, 2022. Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Pencegahan Pergaulan Bebas dan Perilaku Zina di SMK Ma’arif Dolopo Madiun. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Agus Tricahyo , M. Ag.

Kata Kunci :, Pendidikan Agama Islam, Pergaulan Bebas, Zina.
Manusia sebagai makhluk biologis tentunya memiliki hasrat untuk melampiasakan keinginan yang bersifat seksual. Namun dari pada itu manusia juga makhluk yang rasional dimana memiliki tata aturan dalam menjalani hidup seperti norma-norma agama dan social. Aturan yang sedimikian rupa dibuat untuk kententraman hidup manusia. Supaya penyelewengan dan pelanggaran dari Hasrat seksual berupa pergulan bebas dan zina dapat terhindari maka diperlukan pemahamaman terkait Pendidikan seksual yang dapat disampaikan melalui Pendidikan agama islam. Dimana agama islam telah mengatur dengan kompleks seluruh kehidupan manusia dan dari Pendidikan agama ini juga menjadi benteng dari karakter dan moral manusia.
Dari uriaian diatas, maka tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan agama islam tentang menjaga harkat manusia dengan menjauhi pergaulan bebas dan zina di SMK Ma’arif Dolopo Madiun, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan agama islam tentang menjaga harkat manusia dengan menjauhi pergaulan bebas dan zina di SMK Ma’arif Dolopo Madiun. (3) memaparkan implikasi pendidikan agama islam terhadap upaya pencegahan pergaulan bebas dan zina di SMK Ma’arif Dolopo Madiun.
Pada penulisan penelitian ini, untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian direncanakan dengan rancangan deskriptif kualitatif studi kasus di SMK Ma’arif Dolopo Madiun. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan metode analisis data dari iMiles dan Huberman, yang mencangkup pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data kemudian kesimpulan agar memperoleh hasil terbaik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Pencegahan Pergaulan Bebas dan Perilaku Zina di SMK Ma’arif Dolopo Madiun, yaitu : 1) Pelaksanaan pendidikan agama islam tentang menjaga harkat manusia dengan menjauhi pergaulan bebas dan zina merupakan salah satu bab yang terdapat dalam materi ajar PAI di SMK Ma’arif Dolopo. Disampaikan dalam satu kali pertemuan dan cara menyampaikannya dengan metode ceramah. 2) faktor pendukung dilaksanakannya Pendidikan Agama Islam tentang menghidari pergaulan bebas dan zina di SMK Ma’arif Dolopo adalah adanya lingkungan sekolah yang ramah dan aman juga bernuansa islami sehingga tercipta suasana belajar yang nyaman. Selain dari pada itu terdapat faktor penghambat yakni pandangan tabu ketika materi menjaga harkat manusia dengan menjauhi pergaulan bebas dan zina ini disampakain terlebih dalam bingkai Pendidikan Agama Islam. Waktu penyampaian singkat juga menghambat guru untuk menyampaikan materi lebih dalam. 3) implikasi dari adanya Pendidikan Agama Islam Sebagai upaya pencegahan pergaulan bebas dan zina terlihat dari meningkatnya sikap kesopanan dan akhlak peserta didik utamanya kepada lawan jenis di lingkungan sekolah. Peserta didik juga memenuhi waktu yang dimiliki di dalam lingkungan sekolah dengan kegiatan yang positif berupa berbagai pembiasaan dan ekstrakulilkuler sehingga kesempatan untuk melakukan pelanggaran dapat diminimalisir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tri Cahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Feb 2024 05:10
Last Modified: 27 Feb 2024 05:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27237

Actions (login required)

View Item View Item