Perilaku Konsumsi Ibu Rumah Tangga Dalam Membeli Barang Kredit (Studi di Desa Purworejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun)

Febyati, Cyntya (2024) Perilaku Konsumsi Ibu Rumah Tangga Dalam Membeli Barang Kredit (Studi di Desa Purworejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi_Cyntya Febyati_401200171_ES.F_Thesis.pdf

Download (6MB)

Abstract

Konsumsi dalam ekonomi Islam adalah memenuhi kebutuhan jasmani maupun rohani sehingga mampu memaksimalkan fungsi kemanusiaannya sebagai hamba Allah SWT untuk mendaptkan kesejahteraan dan kebahagiaan dunia serta akhirat. Dari data awal yang peneliti peroleh mengenai perilaku konsumsi dalam membeli barang kredit yang dilakukan oleh ibu rumah tangga di Desa Purworejo kurang sesuai dengan syariat konsumsi dalam Islam yaitu tentang kesederhanaan dan tidak berlebih karena sering kali tidak memperhatikan aturan konsumsi yang sesuai dengan ajaran Islam dan hal ini mengarah pada perilaku konsumtif.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku konsumsi ibu rumah tangga di Desa Purworejo dalam membeli barang kredit, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi ibu rumah tangga di Desa Purworejo dalam membeli barang kredit, dan mengetahui dampak perilaku konsumsi ibu rumah tangga Desa Purworejo dalam membeli barang kredit. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatankualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara danobservasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan perilaku konsumsi ibu rumah tangga dalam membeli barang kredit belum sesuai dengan syariat konsumsi dalam Islam seperti membelanjakan harta untuk kebaikan, tidak melakukan kemubaziran, dan kesederhanaan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi ibu rumah tangga dalam membeli barang kredit yaitu faktor internal meliputi faktor usia, gaya hidup, motivasi dan faktor eksternal meliputi kelompok acuan atau lingkungan sekitar serta faktor budaya atau kelas sosial. Terakhir dampak dari membeli barang kredit antara lain hidup boros dan membuat keuangan semakin menipis, mempersempit keinginan menabung, mementingkan dirinya sendiri dan kesenjangan atau perselisihan dalam rumah tangga. Jadi hasil penelitian ini secara keseluruhan mulai dari bagaimana perilaku konsumsi dalam membeli barang kredit, faktor yang mempengaruhi dan dampak perilaku konsumsi dalam membeli barang kredit menunjukkan bahwa perilaku konsumsi ibu rumah tangga belum sesuai dengan norma dan etika ekonomi Islamkarena belum menerapkan prinsip kesederhanaan dengan melakukan pembelian kredit secara berlebih tanpa mempertimbangkan manfaat dari barang kredit yang dibeli.
Kata kunci: Perilaku konsumsi, barang kredit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Feb 2024 05:07
Last Modified: 27 Feb 2024 05:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27236

Actions (login required)

View Item View Item