..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, DAN SAAT UPLOAD DI ETHESIS PILIH THESIS PADA MENU TYPE)..Dampak Sertifikasi Halal Terhadap Value Chain pada UMKM Bakery di Ponorogo

Hesti, Eva Febriani Kartika (2024) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, DAN SAAT UPLOAD DI ETHESIS PILIH THESIS PADA MENU TYPE)..Dampak Sertifikasi Halal Terhadap Value Chain pada UMKM Bakery di Ponorogo. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hesti,Eva Febriani Kartika. Dampak Sertifikasi Halal terhadap Value Chain pada UMKM Bakery di Ponorogo. Skripsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Said Abadi, M.A.
Kata Kunci : Sertifikasi Halal, Value Chain, UMKM
Sertifikasi halal merupakan pengakuan kehalalan suatu produk dan menjadi salah satu poin untuk daya saing diperdagangan internasional. Dengan adanya sertifikasi halal dapat mewujudkan mashlahah, di mana Islam mewajibkan umatnya untuk menjaga kemashlahatan, baik bagi dirinya maupun orang lain. Sertifikasi halal menjadikan terjaminnya kemaslahatan bagi umat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepercayaaan konsumen terhadap UMKM Bakery di Ponorogo. Selain itu bertujuan untuk menganalisis para pelaku UMKM Bakery di Ponorogo dalam menghasilkan nilai tambah dan daya saing. Serta menganalisis dampak sertifikasi halal terhadap value chain pada perkembangan UMKM Bakery di Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan desktiptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan konsumen sangatlah tinggi terhadap UMKM Bakery yang sudah bersertifikasi halal. Selain itu, dengan menerapkan sertifikasi halal pada value chain juga bisa menghasilkan nilai tambah bagi para pelaku UMKM Bakery, yaitu dengan mempunyai kemasan serta mencantumkan logo halal maka produk tersebut dapat menarik konsumen dan dapat menghasilkan nilai tambah para pelaku UMKM Bakery. Disisi lain, dengan adanya sertifikasi halal ini UMKM Bakery dapat bersaing dengan produk lain karena sudah terjamin halal. Maka adanya sertfikasi halal value chain sangat berdampak pada perkembangan UMKM Bakery di Ponorogo baik dari sisi pendapatan, omzet serta pangsa pasar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Feb 2024 05:04
Last Modified: 27 Feb 2024 05:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27235

Actions (login required)

View Item View Item