KONSEP PRODUKSI DALAM EKONOMI ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN EKONOMI PANCASILA (Telaah Atas Pemikiran Muhammad Baqir Ash-Sadr dan Yusuf Qardhawi)

Sari, Yuli Mustika (2024) KONSEP PRODUKSI DALAM EKONOMI ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN EKONOMI PANCASILA (Telaah Atas Pemikiran Muhammad Baqir Ash-Sadr dan Yusuf Qardhawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401200132 YULI MUSTIKA SARI EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sari, Yuli Mustika. Konsep Produksi dalam Ekonomi Islam Dan Relevansinya Dengan Ekonomi Pancasila (Telaah Atas Pemikiran Muhammad Baqir Ash-Sadr dan yusuf Qardhawi). Skripsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ridho Rokamah, S.Ag., MSI.

Kata Kunci: Produksi Islam, M. Baqir Ash-Sadr, Yusuf Qardhawi

Memaparkan kembali hasil pemikiran para cendikiawan muslim tentu akan memberikan kontribusi positif terhadap umat Islam serta dapat membantu menemukan berbagai sumber pemikiran ekonomi Islam. Hal tersebut dapat menambah konsep ekonomi Islam kontemporer dan memberikan cakupan yang lebih luas untuk konseptualisasi dan pengimpelmentasiannya. Dengan ini, peneliti ingin menelaah pemikiran konsep produksi dalam Islam dari Muhammad Baqir Ash-Sadr dan Yusuf Qardhawi. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis pemikiran konsep produksi dalam Islam Baqr Ash-Sadr dan Yusuf Qardhawi, menganalisis persamaan dan perbedaan konsep produksi dalam Islam antara pemikiran Baqr Ash-Sadr dan Yusuf Qardhawi, serta menganalisis relevansi pemikiran tentang konsep produksi dalam Islam dari Baqr Ash-Sadr dan Yusuf Qardhawi terhadap produksi di Indonesia.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kajian pustaka (library research) yang menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dari berbagai karya Baqr Ash-Sadr dan Yusuf Qardhawi serta data sekunder dari berbagai sumber rujukan lain yang membahas konsep produksi dalam Islam yang kemudian selanjutnya dianalisis dan diambil kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Penelitian data menggunakan metode analisis yaitu content analys.
Konsep produksi dari Baqir Ash-Sadr menjelaskan pada doktrin ekonomi terdapat dua aspek yakni (aspek objektif dan aspek subjektif). Sedangkan konsep produksi dari Yusuf Qardhawi lebih menekankan terhadap dua prinsip yakni prinsip keadilan dan prinsip kebebasan. Persamaan pemikiran konsep produksi Baqir Ash-Sadr dan Yusuf Qardhawi yaitu bertumpu pada etika ataupun perilaku produsen serta unsur tenaga kerja dalam menjalankan aktivitas produksi. Dari segi perbedaannya terletak pada madzhab atau aliran yang dianut, Adapun perbedaan lainnya terletak pada konsep ketentuan produksi Islam. Secara substansi pemikiran Baqir Ash-Sadr dan Yusuf Qardhawi relevan dengan cita-cita produksi di Indonesia. Konsep Produksi di Indonesia didasarkan pada sistem ekonomi yang berlandaskan Pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:59
Last Modified: 27 Feb 2024 04:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27230

Actions (login required)

View Item View Item