..(LEMBAR PENGESAHAN BLM ADA TTD (ASLI BUKAN SCAN) DAN STEMPEL, TAMBAHKAN LEMABAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT PSHT DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMPN 1 DOLOPO TAHUN AJARAN 2022/2023

Atmaja, Sony Prima (2023) ..(LEMBAR PENGESAHAN BLM ADA TTD (ASLI BUKAN SCAN) DAN STEMPEL, TAMBAHKAN LEMABAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT PSHT DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMPN 1 DOLOPO TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-Thesis_Sony Prima Atmaja.pdf

Download (918kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kenakalan remaja khususnya pada jenjang pendidikan SMP, dari data yang di tulis dalam laman website jawapos.com pada tahun 2022 diketahui perundungan verbal menduduki posisi pertama dengan rata-rata tingkat kejadian diatas 40 persen. Berdasarkan penjajakan awal yang dilakukan, terdapat beberapa siswa di SMPN 1 Dolopo berkelahi di sekolah, merokok, dan juga melakukan bullying kepada sesama teman. Sebagai langkah antisipatif serta preventif agar krisis tersebut tidak semakin parah, maka SMPN 1 Dolopo berusaha menanamkan nilai-nilai religius kepada siswanya melalui Kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan ekstrakulikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dalam pengembangan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Dolopo. (2) Menjelaskan pengaruh kegiatan ekstrakulikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dalam pengembangan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Dolopo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Bogdan dan Biklen yang meliputi memadatkan data, menampilkan data, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SMPN 1 Dolopo dilaksanakan sesuai dengan kegiatan latihan pencak silat PSHT di luar pendidikan formal, Guru atau Pelatih sudah memberikan kegiatan pembelajaran sesuai dengan teori serta praktik sesuai dengan acuan buku pedoman Pencak Silat PSHT. Nilai-nilai dalam Pencak Silat yang ditanamkan dalam pembentukan karakter religius siswa yaitu persaudaraan, olahraga, kesenian, beladiri, dan kerohanian. Beberapa kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT di SMPN 1 Dolopo dalam pengembangan karakter religius siswa melalui pembiasaan yang di berikan pada saat latihan diantaraya berdo’a sebelum memulai kegiatan, sopan dan patuh terhadap guru atau pelatih, tolong menolong sesama teman, mentaati peraturan dan menghormati yang lebih tua . (2) Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SMPN 1 Dolopo mampu menerapkan apa yang sudah diajarkan oleh pelatih untuk mengamalkan nilai- nilai kebaikan agar menjadi individu yang bermanfaat, hal itu dibuktikan dengan siswa mampu mentaati tata tertib ketika berada di sekolah maupun di masyarakat, dan juga memiliki kesadaran dalam melaksanakan kewajiban dalam menunaikan ibadah, serta mempunyai rasa saling menghargai sesama teman, dan menghormati orang yang lebih tua sebagai perwujudan ta’dim kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:00
Last Modified: 21 Feb 2024 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27228

Actions (login required)

View Item View Item