..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Penerapan Metode Permainan Teka-teki Dengan Berbantuan Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PKn Kelas V di MI Ma'arif Patihan Wetan Ponorogo

Abadiyah, Anis (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Penerapan Metode Permainan Teka-teki Dengan Berbantuan Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PKn Kelas V di MI Ma'arif Patihan Wetan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190012_Anis Abadiyah_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam memahami dan menganalisis berbagai isu sosial dan politik yang terkait dengan materi PKn. Kemampuan berpikir kritis yang baik dapat membuat siswa mengambil keputusan yang bijak dan akurat serta mengungkapkan pendapatnya secara rasional. Kemampuan berpikir kritis dapat menjadikan siswa unggul dalam berbagai hal karena cara berpikir yang cenderung terbuka dan menerima berbagi macam ide, argumen dan informasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis, siswa masih menunjukan respon yang kurang baik pada saat pembelajaran, kebanyakan siswa masih belum paham mengenai materi PKn yang telah disampaikan oleh guru, selain itu siswa di kelas V. A terlihat kurang percaya diri untuk menyampaikan pendapat. Siswa kelas V. A yang berjumlah 28 hanya beberapa yang mampu memahami dan berani untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode permainan teka-teki dengan berbantuan gambar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PKn kelas V. A di MI Ma’arif Patihan Wetan. Adapun penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi dan lembar tes, lembar observasi terdiri dari lembar observasi siswa dan catatan-catatan penting. Lembar tes terdiri dari LKPD, soal post tes, dan soal evaluasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa penerapan metode permainan teka-teki dengan berbantuan gambar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dibuktikan Pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi sebanyak 14% siswa, kemudian pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi naik sebesar 57% menjadi 71%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode permainan teka-teki dengan berbantuan gambar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risti Aulia Ulfah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:40
Last Modified: 22 Jan 2024 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27222

Actions (login required)

View Item View Item