Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Kelas IV di SD Al Husna Kota Madiun Tahun Pelajaran 2023-2024

Prayoga, Bagaz Sena Ady (2023) Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Kelas IV di SD Al Husna Kota Madiun Tahun Pelajaran 2023-2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190213_Bagaz Sena Ady Prayoga_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Prayoga, Bagaz Sena Ady. 2023. Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Kelas IV di SD Al Husna Kota Madiun Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci: Upaya Guru, Minat Baca.
Untuk mencapai keberhasilan membaca yang baik salah satunya yaitu adanya minat. Sebab tanpa adanya minat, segala kegiatan akan dilakukan kurang efektif dan efesien. Dari hasil observasi peneliti pada sekolah SD Al Husna Kota Madiun, terdapat siswa kelas IV yang masih kurang dalam minat membacanya dalam belajar pada saat mengikuti pembelajaran. Banyak mata pelajaran yang menuntut siswa untuk membaca materi-materi yang ada, dan untuk menguasai materi guru mengupayakan agar para siswa harus menumbuhkan dan meningkatkan minat membacanya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru SD Al Husna dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV SD Al Husna Kota Madiun, (2) menjelaskan faktor yang menghambat minat baca pada siswa pada siswa kelas IV SD Al Husna Kota Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisisnya, peneliti menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) Upaya guru dalam meningkatkan minat baca pada siswa kelas IV SD Al Husna Kota Madiun, yaitu dengan menggunakan buku yang ada gambar, keterangan, beserta penjelasannya yang dapat menstimulus otak siswa agar bisa lebih dimengerti, membiasakan membaca materi sebelum pelajaran sambil membuat mind mapping, dengan menunjuk siswa membaca bacaan satu per satu akan melatih konsentrasi siswa dan yang lain diminta untuk menyimak agar seluruh siswa mengerti mana yang harus dibaca. (2) Faktor penghambat minat baca pada siswa pada siswa kelas IV SD Al Husna Kota Madiun. Di antaranya, yaitu dipengaruhi oleh faktor lingkungan rumah ketika di rumah tidak diajarkan membaca oleh orang tua, kurangnya perhatian dan bimbingan belajar dari orang tua. Ketika di sekolah pada saat guru meminta siswa untuk membaca ada siswa yang masih malas membaca, kurang fokus dalam membaca, membacanya lama, masih ada siswa yang membacanya patah-patah, tulisan teks kecil, siswa belum memahami kalimat yang dibaca, dan bacaan dianggap kurang menarik bagi siswa. (3) Solusi untuk mengatasi faktor penghambat minat baca yaitu kepala sekolah menyerahkan kepada wali kelas untuk berkomunikasi dengan siswa untuk menanyakan permasalahan dalam membaca, kepala sekolah atau wali kelas memberikan motivasi kepada siswa bahwa betapa pentingnya membaca, dengan memberi ringkasan atau rangkuman dari setiap pelajaran, menambah buku baru di perpustakaan yang menarik, membuat pojok baca di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:38
Last Modified: 22 Jan 2024 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27217

Actions (login required)

View Item View Item