PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X IPS DI MAN BLORA TAHUN AJARAN 2022/2023

Hilmi, Zainal 'Arifin (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X IPS DI MAN BLORA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Hilmi Zainal Arifin 201190381 Pendidikan Agama Islam. WTRMK (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Hilmi, Zainal, 2023, Pengaruh Metode Pembelajaran Praktikum terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X IPS di Madrasah Aliyah Negeri Blora Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Metode Pembelajaran Praktikum.
Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang penting dan harus dimiliki oleh setiap individu, kemampuan berpikir kritis menjadi suatu kemampuan yang harus ditingkatkan kepada siswa guna memahami materi pembelajaran terutamanya pelajaran Fikih. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa yaitu salah satunya adalah metode/model pembelajaran, metode pembelajaran praktikum salah satu metode pembelajaran yang tidak asing lagi bagi kita baik bagi pendidik maupun peserta didik, model/metode pembelajaran praktikum merupakan suatu pembelajaran dengan melibatkan peserta didik dalam sebuah kegiatan praktikan atau melakukan percobaan secara langsung dengan mengalami sendiri sesuatu yang dialami.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode praktikum dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas X IPS di MAN Blora.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dengan metode pengumpulan data menggunakan angket/ kueisoner. Adapun analisa data yang digunakan yaitu teknik analisa regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil analisa, diketahui bahwa metode pembelajaran praktikum berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini yang diperkuat dan didukung oleh hasil nilai sig. lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,001 < 0,05 artinya metode pembelajaran praktikum berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftahul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:14
Last Modified: 17 Jan 2024 01:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27209

Actions (login required)

View Item View Item