Peran Ekstrakurikuler Gerakan Cinta Al-Qur’an (Genta) Dalam Peningkatan Emotional-Spiritual Quotient (ESQ) Siswa Di SMPN 02 Satu Atap Ngebel Ponorogo

Puspitasari, Yuliana (2023) Peran Ekstrakurikuler Gerakan Cinta Al-Qur’an (Genta) Dalam Peningkatan Emotional-Spiritual Quotient (ESQ) Siswa Di SMPN 02 Satu Atap Ngebel Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210316169_YULIANA PUSPITASARI_PAI.docx.pdf

Download (1MB)

Abstract

Puspitasari, Yuliana. 2023. Peran Ekstrakurikuler Gerakan Cinta Al-Qur’an (Genta) dalam Peningkatan Emotional-Spiritual Quotient (ESQ) Siswa di SMPN 02 Satu Atap Ngebel Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Kolis, Ph.D.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional dan Spiritual, Ekstrakurikuler Al-Qur’an

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan eksrakurikuler gerakan cinta al-Qur’an di SMPN 02 Satu Atap Ngebel Ponorogo yang dirangkai dengan kegiatan sholat Dhuhur Berjama’ah, Tasmi’ dan sorogan dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler gerakan cinta al-Qur’an SMPN 02 Satu Atap Ngebel Ponorogo; (2) untuk mendeskripsikan bentuk upaya meningkatkan kecerdasan emosional dan sipitual melalui ekstrakurikuler gerakan cinta al-Qur’an siswa SMPN 02 Satu Atap Ngebel Ponorogo dan (3) untuk mendeskripsikan dampak kegiatan ekstrakurikuler gerakan cinta al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual dan emosional siswa SMPN 02 Satu Atap Ngebel Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, disply data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler gerakan cinta al-Qur’an siswa SMPN 02 Satu Atap Ngebel Ponorogo meliputi, perencanaan, kegiatan inti dan evaluasi. Untuk kegiatan inti ekstrakurikuler gerakan cinta al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi, tasmi’ dan sorogan (2) bentuk upaya meningkatan kecerdasan emosional dan sipiritual melalui ekstrakurikuler gerakan cinta al-Qur’an yaitu melalui metode mengulang-ulang bacaan dan memahami makna dapat meningkatkan kesabaran siswa dan meningkatkan keimanannya, sorogan dengan menyetorkan hafalan kepada guru secara langsung dengan menundukan kepala sebagai ta’dim kepada guru. (3) kegiatan ekstrakurikuler gerakan cinta al-Qur’an berdampak positif terhadap kecerdasan emosional dan spiritual siswa, seperti meningkatnya keimanan, ketaqwaan, dan kedisiplinan siswa, serta tumbuhnya dalam diri siswa sifat sabar, jujur, dan istiqomah dalam menambah maupun menjaga hafalannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jan 2024 05:41
Last Modified: 16 Jan 2024 05:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27208

Actions (login required)

View Item View Item