...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Upaya Guru dalam Mengaplikasikan Metode Mind Mapping pada Materi IPA Peserta Didik Kelas V MI Assalam Baron Nganjuk

'Adziimul Hayya, Siti Luthfia (2023) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Upaya Guru dalam Mengaplikasikan Metode Mind Mapping pada Materi IPA Peserta Didik Kelas V MI Assalam Baron Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_210617039_SITI LUTHFIA 'ADHIIMUL HAYYA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hayya, Siti Luthfiia ‘Adziimul. 2021. Upaya Guru dalam Mengaplikasikan Metode Mind Mapping pada Materi IPA Peserta Didik Kelas V MI Assalam Baron Nganjuk. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Hanin Niswatul Fauziah, M.Si.
Kata kunci: Upaya, IPA, Metode Mind Mapping.
Metode Mind Mapping dipilih sebagai upaya guru untuk mempermudah penyampaian materi pada mata pelajaran IPA di kelas V MI Assalam karena dinilai sangat membantu untuk mengemas materi IPA yang terdiri dari banyak poin pembahasan serta pengelompokannya. Sehingga memudahkan siswa untuk mengklarifikasi, menghafal, dan mengingat kembali memori di masa mendatang. Dalam mengaplikasikan metode ini guru megusahakan berbagai upaya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan harapan.
Penelitian ini menggunakaan metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data pada penelitian ini, menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengaplikasikan metode Mind Mapping di MI Assalam Baron Nganjuk (2) untuk menjelaskan kendala penggunaan metode Mind Mapping untuk materi IPA siswa kelas V di MI Assalam Baron Nganjuk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan metode Mind Mapping diantaranya ada tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta tahap evalusi. Guru selalu berupaya memperbaiki proses pembelajaran dari pembelajaran sebelumnya, sehingga terbukti dalam prakteknya, metode ini mampu membuat siswa antusias dan semangat memahami materi-materi pada setiap pertemuan, sehingga hasil belajar merekapun progresnya juga bagus (2) kendala yang ditemui guru dalam mengaplikasikan metode Mind Mapping diantaranya ada beberapa peserta didik yang tidak hadir sehingga tertinggal materi, dan juga tidak bisa disama-ratakannya kemampuan masing-masing peserta didik dalam mengaplikasikan metode Mind Mapping, untuk mengatasi hal ini, guru memberi solusi agar segera mencatat ketertinggalan materi bagi mereka yang tidak masuk, dan bagi yang kemampuann mengerjakan Mind Mapping masih tertinggal guru memberi arahan khusus dalam membuat Mind Mapping tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:34
Last Modified: 16 Jan 2024 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27200

Actions (login required)

View Item View Item