UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MAHASISWA PAI MELALUI KEGIATAN MAGANG II (Studi Kasus Mahasiswa PAI L FTIK IAIN Ponorogo)

Takhassuna, Maulana (2023) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MAHASISWA PAI MELALUI KEGIATAN MAGANG II (Studi Kasus Mahasiswa PAI L FTIK IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190404_Maulana Takhassuna_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Takhassuna, Maulana. 2023. Upaya Peningkatan Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Mahasiswa Pai melalui Kegiatan Magang II (Studi Kasus Mahasiswa PAI L FTIK IAIN Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Arif Rahman Hakim, M. Pd
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, magang, peningkatan kemampuan

Perangkat pembelajaran penting digunakan sebagai persiapan bagi pendidik sebelum memulai pembelajaran. Tapi untuk menyusunnya membutuhkan ketelitian yang tinggi sehingga sulit bagi calon pendidik untuk mempelajarinya dalam waktu singkat. Dalam hal ini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo mengupayakan strategi berupa program magang II yang diikuti seluruh mahasiswa semester 7 untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa
Rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kebijakan penggunaan perangkat pembelajaran dalam pelaksanaan magang II FTIK IAIN Ponorogo. (2) Bagaimana strategi peningkatan kemampuan menyusun perangkat pembelajaran mahasiswa PAI IAIN Ponorogo. (3) Apa faktor-faktor penghambat peningkatan kemampuan menyusun perangkat pembelajaran mahasiswa PAI dalam kegiatan magang II IAIN Ponorogo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kebijakan penggunaan perangkat pembelajaran dalam pelaksanaan magang II di IAIN Ponorogo. (2) Strategi pelaksanaan magang II dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa PAI IAIN Ponorogo dalam menyiapkan perangkat pembelajaran. (3) Faktor-faktor penghambat peningkatan kemampuan menyusun perangkat pembelajaran mahasiswa PAI dalam kegiatan magang II IAIN Ponorogo
Adapun model penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik yang dikemukakan Miles, Huberman, dan Saldana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kebijakan penggunaan perangkat pembelajaran ditentukan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan serta guru pamong masing-masing sekolah/madrasah mitra. Pihak fakultas menentukan jenis-jenis perangkat perangkat pembelajaran yang harus disusun mahasiswa dan untuk penerapannya diserahkan pada kebijakan guru pamong masing-masing. (2) Strategi yang digunakan fakultas adalah dengan memberikan mata kuliah yang mempelajari perangkat pembelajaran dan matakuliah micro teaching. Sedangkan guru pamong menyiapkan strategi masing-masing dalam membimbing mahasiswa. Seperti melakukan bimbingan setiap pertemuan, mengadakan diskusi antar mahasiswa magang, serta selalu mengingatkan untuk mengumpulkan perangkat pembelajaran sebagai bahan penilaian. (3) faktor-faktor yang menghambat peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menyusun perangkat pembelajaran adalah adanya faktor internal yakni kurangnya pemahaman perangkat pembelajaran dan faktor eksternal seperti masalah kesehatan, dan ketersediaan waktu yang dinilai terlalu sempit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:23
Last Modified: 12 Jan 2024 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27191

Actions (login required)

View Item View Item