(SURAT KEASLIAN TULISAN DAN KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA..UPLOAD ULANG..)Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas V di MIN 5 Ponorogo

Bachtiar, Willy Helmi (2023) (SURAT KEASLIAN TULISAN DAN KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA..UPLOAD ULANG..)Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas V di MIN 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190313_WILLY HELMI BACHTIAR_PGMI(FATIK).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Bachtiar, Willy Helmi. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditori dan Kinestetik Guna Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas V di MIN 5 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Athok Fu’adi, M.Pd.
Kata Kunci: VAK, Minat Belajar, Akidah Akhlak
Kompetensi siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari dalam diri siswa, seperti intelegensi, minat, motivasi dan faktor lingkungan seperti guru, kurikulum, fasilitas, dan lain-lain. Salah satu faktor yang banyak mempengaruhi proses dan kualitas pengajaran adalah faktor dari dalam diri siswa itu sendiri, yaitu minat belajar siswa. Oleh karena itu guru harus mampu menciptakan situasi yang dapat menunjang perkembangan belajar siswa, termasuk dalam menumbuhkan minat belajar sehingga akan dapat meningkatkan pencapaian prestasi belajar yang maksimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menjelaskan pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan model pembelajaran visual, audio, dan kinestetik agar dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas V di MIN 5 Ponorogo. Kedua, Untuk menjelaskan apakah cara pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran visual, audio, dan kinestetik dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas V di MIN 5 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditori, dan Kinestetik Guna Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas V di MIN 5 Ponorogo. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah yang terjadi di dalam kelas, yaitu ketika situasi pembelajaran menjadi membosankan karena penggunaan metode ceramah yang sering dipakai oleh guru menjadikan minat belajar siswa menurun. Hal ini akan berdampak pada tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa.
Dari penelitian ini disimpulkan: Penerapan model pembelajaran ini dirasa baik digunakan untuk membuat peserta didik fokus dan paham dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru ketika kegiatan pembelajaran. Dibuktikan dengan meningkatnya persentase aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 77,67% dan pada siklus 2 sebesar 89,25%. Penerapan model pembelajaran tersebut mengakibatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak juga ikut naik, didapati persentase minat belajar pada siklus 1 sebesar 66,67% dan siklus 2 sebesar 74,34%. Hasil daripada itu, nilai yang didapat peserta didik pada siklus 1 terdapat 12 anak yang tuntas dan 7 anak yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus 2 sebanyak 16 anak yang tuntas dan 3 anak yang belum tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:09
Last Modified: 12 Jan 2024 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27188

Actions (login required)

View Item View Item