(file tdk muncul..upload ulang..)KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF SYEKH HĀFIZH HASAN AL-MAS’UDI DALAM KITAB TAISĪRU AL-KHALAQ DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK REMAJA

Rosita, Nur Azizah Lylik (2023) (file tdk muncul..upload ulang..)KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF SYEKH HĀFIZH HASAN AL-MAS’UDI DALAM KITAB TAISĪRU AL-KHALAQ DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK REMAJA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Rosita, Nur Azizah Lylik. 2023. Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Syekh Hāfizh Hasan Al-Mas’udi Dalam Kitab Taisīru al-Khalaq dan Relevansinya Dengan Pendidikan Akhlak Remaja. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.

Kata Kunci:​Pendidikan Akhlak, Kitab Taisīru al-Khalaq, Pendidikan Akhlak Remaja.

Pendidikan akhlak sebagai upaya yang dilakukan untuk membantu mengembangkan dan mengarahkan individu dari sifat bawaannya menuju individu yang lebih baik. Pendidikan akhlak sangat penting bagi kehidupan, terutama dalam menuntut ilmu. Problem yang menjadi perhatian ahli pendidikan maupun orang tua murid adalah banyaknya permasalahan remaja, seperti kenakalan remaja, membangkang, membantah, maupun melawan orang tua atau guru. Oleh sebab itu perlunya bagi remaja untuk memahami mengenai akhlak yang selaras dengan kajian penelitian ini. Sehingga para rema dapat memperbaiki etika dan moral mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Konsep pendidikan akhlak perspektif Syekh Hāfizh Hasan Al-Mas’udi dalam Kitab Taisīru al-Khalāq. dan (2) Relevansi konsep pendidikan akhlak perspektif Syekh Hāfizh Hasan Al-Mas’udi dalam Kitab Taisīru Al-Khalaq dan pendidikan akhlak remaja.
Adapun penelitian ini dirancang mengunakan metode kepustakaan library research dengan cara mencari, mengumpulkan dan menganalisis sumber data untuk diolah dan disajikan dalam bentuk laporan penelitian kepustakaan. Data primer dihasilkan dari analisis kitab yang berjudul “Taisīru al-Khalaq” beserta terjemahannya. Sedangkan data sekunder berasal dari buku remaja positif dan jurnal-jurnal yang terkait dengan penelitian ini. Kemudian data hasil penelitian di analisis menggunakan analisis isi (content analysis).
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan, bahwa pertama, konsep pendidikan akhlak prespektif Syekh Hāfizh Hasan Al-Mas’udi dalam Kitab Taisīru Al-Khalaq yaitu: 1) Akhlak kepada Allah swt, 2) Akhlak kepada sesama manusia, 3) Akhlak murid kepada guru. 4) Akhlak kepada diri sendiri. Kedua, sesuai konsep pendidikan akhlak prespektif Syekh Hafidz Hasan Al-Mas’udi dalam Kitab Taisirul Kholaq dengan Pendidikan Akhlak Remaja terbagi: 1) Akhlak kepada Allah swt, relevan dengan berpegang teguh pada prinsip dan keyakinan sesuai ajaran agama. 2) Hubungan anak dengan orang tuarelevan dengan mentaati perintah orang tua. 3) Akhlak murid kepada guru, relevan dengan menghargai guru dengan cara berakhlak baik. 4) Akhlak kepada saudara, relevan dengan memperbanyak pertemanan dengan tidak membeda-bedakan status sosial. 4) Akhlak kepada diri sendiri relevan dengan berusaha memiliki kepribadian yang baik, berketerampilan, dan mau menunjukkan sikap positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:15
Last Modified: 12 Jan 2024 02:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27175

Actions (login required)

View Item View Item