PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN PAGI DI MI MA’ARIF 1 BABADAN, PONOROGO

Fitriani, Fadilatul (2023) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN PAGI DI MI MA’ARIF 1 BABADAN, PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_203190142_Fadilatul Fitriani_Upload Ethesis.pdf

Download (971kB)

Abstract

Fitriani, Fadilatul. 2023. Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab
melalui Program Pembiasaan Pagi di MI Ma’arif 1 Babadan,
Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Keguruan (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Yuentie Sova
Puspidalia, M.Pd.
Kata kunci: penanaman karakter, disiplin, tanggung jawab, program pembiasaan
pagi.
Karakter disiplin dan tanggung jawab sangat penting untuk
dimiliki anak. Pendidikan karakter di sekolah dasar merupakan salah satu cara
dalam membentuk karakter anak, yaitu dengan menerapkan kegiatan pembiasaan-
pembiasaan yang dapat menanamkan karakter pada anak, seperti pada MI Ma’ arif
1 Babadan, Ponorogo yang menerapkan program pembiasaan pagi melalui salat
Duha, hafalan Asmaul Husna dan Syi’ir Ngudi Susilo.
Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan program
pembiasaan pagi melalui salat Duha, membaca Asmaul Husna dan Syi’ir Ngudi
Susilo dalam menanamkan karakter disiplin siswa MI Ma’arif 1 Babadan,
Ponorogo; (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pembiasaan pagi
dalam menanamkan karakter tanggung jawab siswa MI Ma’arif 1 Babadan,
Ponorogo; (3) untuk menjelaskan faktor pendukung pelaksanaan program
pembiasaan pagi melalui salat Duha, hafalan Asmaul Husna dan Syi’ir Ngudi
Susilo dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di MI
Ma’arif 1 Babadan, Ponorogo; (4) untuk menjelaskan faktor penghambat
pelaksanaan program pembiasaan pagi melalui salat Duha, hafalan Asmaul Husna
dan Syi’ir Ngudi Susilo dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab
siswa di MI Ma’arif 1 Babadan, Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan
Huberman, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penanaman karakter disiplin
melalui pelaksanaan salat Duha, hafalan Asmaul Husna dan Syi’ ir Ngudi Susilo ,
yaitu dengan penerapan sanksi kepada siswa yang tidak mematuhi tata tertib
selama pembiasaan yang diawasi langsung oleh guru. Guru juga memberikan
bimbingan mengenai nilai-nilai karakter disiplin dalam Asmaul Husna dan Syi’ ir
Ngudi Susilo serta contoh penerapannya melalui nasihat dan keteladanan dari
guru; (2) Penanaman karakter tanggung jawab melalui pelaksanaan salat Duha,
hafalan Asmaul Husna dan Syi’ir Ngudi Susilo dengan pemberian sanksi kepada
siswa yang tidak tertib selama pembiasaan salat Duha. Siswa juga dijelaskan
tentang tanggung jawab melalui makna dan kandungan serta bimbingan dan
evaluasi dari guru kepada peserta didik mengenai perilaku-perilaku keseharian
siswa yang dikaitkan dengan makna atau kandungan yang ada di dalam Asmaul
Husna dan Syi’ ir ngudi Susilo; (3) Faktor pendukung pelaksanaan program
pembiasaan pagi, yaitu dari kebijakan sekolah, sarana dan prasarana, media,
metode dan guru pembimbing; (4) Faktor pendukung pelaksanaan program
pembiasaan pagi, yaitu dari kesadaran diri siswa, orang tua, motivasi siswa dan
keterbatasan waktu pembiasaan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:16
Last Modified: 12 Jan 2024 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27174

Actions (login required)

View Item View Item