Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Pada Film Serial Animasi Upin Dan Ipin Musim 15 Dugaan Puasa Episode 1

Lakstarina, Estrada Chresta (2023) Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Pada Film Serial Animasi Upin Dan Ipin Musim 15 Dugaan Puasa Episode 1. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
205190012_Estrada Chresta Lakstarina_PIAUD.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Lakstarina, Estrada Chresta 2023. Nilai Agama dan Moran Anak Usia Dini pada film serial animasi Upin dan Ipin Musin 15 dugaan Puasa Episode 1 (Library reseach). Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Safiruddin Al Baqi, MA.
Kata Kunci: Nilai Agama dan Moral, Animasi Upin dan Ipin, Anak usia Dini.

Nilai agama dan moral terkhusus pada anak usia dini diartikan sebagai perubahan psikis yang dialami oleh anak usia dini terkait dengan kemampuannya dalam memahami dan melakukan perilaku yang baik berdasarkan ajaran agama yang diyakininya. Berdasarkan analisis dari tayangan animasi film Upin Ipin bahwa film tersebut banyak yang terkandung nilai agama dan moral di dalamnyasehingga bisa menjadi contoh bagi peserta didik agar imajinasinya dapat berkembang secara positif. Dalam tayangan film kartun Upin dan Ipin Terdapat 8 nilai agama dan moral yang ditemukan dalam film kartun Upin dan Ipin musim 15 dugaan puasa episode 1 yang sudah dianalisis yaitu; berdoa, sholat, bersedekah, hormat kepada orang tua, berperilaku jujur, tolong menolong, sopan santun, toleransi.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Menganalisis nilai agama dan moral apa saja untuk anak usia dini pada film serial animasi Upin dan Ipin. 2. Untuk mengetahui bagaimana keterkaitan internalisasi Nilai agama dan Moral pada film serial animasi Upin dan Ipin dengan Anak Usia Dini.
Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan Studi Pustaka (Library Research). Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis isi. Sumber data penelitian terdapat 2 sumber data primer berupa film serial animasi Upin dan Ipin, dan sumber data sekundernya dari buku, dan artikel.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan analisis dari tayangan animasi film Upin Ipin bahwa film tersebut banyak yang terkandung nilai agama dan moral di dalamnya sehingga bisa menjadi contoh bagi peserta didik agar imajinasinya dapat berkembang secara positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:17
Last Modified: 12 Jan 2024 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27172

Actions (login required)

View Item View Item