Manajemen Program Pesantren Dalam Meningkatkan Karakter Kepemimpinan Santri Di PP Sunan Kalijaga Puyut Ponorogo

Rosida, Rifqia Kholifatu (2023) Manajemen Program Pesantren Dalam Meningkatkan Karakter Kepemimpinan Santri Di PP Sunan Kalijaga Puyut Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190109_RIFQIA KHOLIFATU ROSIDA_MPI.doc.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rosida, Rifqia Kholifatu. 2023. Manajemen Program Pesantren dalam Meningkatkan Karakter Kepemimpinan Santri di PP Sunan Kalijaga Puyut. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Abdul Kholiq, MBA.
Kata Kunci: Manajemen Program Pesantren, Karakter Kepemimpinan, PP
Sunan Kalijaga Puyut

Manajemen progam pesantren merupakan suatu proses, yakni suatu aktivitas yang bukan hanya bertumpu pada sesuatu yang bersifat mekanistik, melainkan penerapan-penerapan fungsi manajemen, manajerial secara efektif, walaupun sebagian pesantren yang ada jarang sekali mempergunakan sistem manajemen modern seperti layaknya apa yang diterapkan dalam lembaga pendidikan formal lainnya. Manajemen program pesantren hakikatnya adalah suatu proses penataan dan pengelolaan lembaga pendidikan pesantren yang melibatkan sumber daya manusia dan non manusia dalam menggerakkan mencapai tujuan pendidikan pesantren secara efektif dan efisien.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis : (1) Perencanaan program pesantren dalam meningkatkan karakter kepemimpinan santri di PP Sunan Kalijaga Puyut. (2) Pelaksanaan program pesantren dalam meningkatkan karakter kepemimpinan santri di PP Sunan Kalijaga Puyut. (3) Implementasi program pesantren dalam meningkatkan karakter kepemimpinan santri di PP Sunan Kalijaga Puyut
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain pengasuh pesantren, pengurus pesantren, dan santri PP Sunan Kalijaga Puyut. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunaan, pengamatan dan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program pesantren dalam meningkatkan karakter kepemimpinan santri meliputi kegiatan dalam merencanakan program pesantren mulai dari bidang kegiatan, pendidikan, media, sarana prasarana, kebersihan, dan keamanan. (2) Proses pelaksanaan program pesantren dalam meningkatkan karakter kepemimpinan santri di PP Sunan Kalijaga Puyut ini menggunakan metode kondisioning, yakni metode yang dilakukan dengan cara pembiasaan. Dalam proses pelaksanaan ini, ada faktor pendukung dan penghambat yang bisa menentukan sukses atau tidaknya dalam menjalankan program pesantren. (3) Implementasi program pesantren dalam meningkatkan karakter kemandirian santri juga terbukti setelah melalui proses manajemen, yakni dapat meningkatkan delapan karakter kepemimpinan santri meliputi karakter cerdas, bertanggung jawab, jujur, dapat dipercaya, inisiatif, konsisten dan tegas, adil, dan lugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:18
Last Modified: 12 Jan 2024 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27170

Actions (login required)

View Item View Item