Analisis Fikih Mubadalah Terhadap Perbedaan Tingkat Pendapatan Dalam Pemenuhan Nafkah Rumah Tangga Untuk Mewujudkan Keluarga Harmonis (Di Desa Mangunsuman Kecamatan Kabupaten Ponorogo)

Aprianto, Sigit Tri (2023) Analisis Fikih Mubadalah Terhadap Perbedaan Tingkat Pendapatan Dalam Pemenuhan Nafkah Rumah Tangga Untuk Mewujudkan Keluarga Harmonis (Di Desa Mangunsuman Kecamatan Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190095_SIGIT TRI APRIANTO_HKI-1.pdf

Download (719kB)

Abstract

APRIANTO, SIGIT TRI, 2023. Analisis Fikih Mubadalah Terhadap Perbedaan Tingkat Pendapatan Dalam Pemenuhan Nafkah Rumah Tangga Untuk Mewujudkan Keluarga Harmonis (Di Desa Mangunsuman Kecamatan Kabupaten Ponorogo).
Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Rooza Meilia Anggraini, M.H. Kata Kunci/keywords: Nafkah,Perbedaan Pendapatan, Harmonis.
Perkawinan adalah suatu ikatan lahir dan batin antara laki-laki maupun wanita yang menunjang segala aspek kesejahteraan baik secara material atau non materil, Hukum Islam mengatur semua aspek dalam kehidupan manusia baik dari hukum perkawinan, perceraian, maupun hak dan kewajibannya. Dalam lingkungan pernikahan Islam ada beberapa fenomena-fenomena yang unik. Adapun fenomena yang terjadi di Desa Mangunsuman Kec. Siman Kab. Ponorogo adalah adanya beberapa pasangan keluarga yang memiliki perbedaan tingkat pendapatan dalam rumah tangga dalam aspek ini istri mempunyai pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan suami. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana analisis fikih mubadalah terhadap perbedaan tingkat pendapatan dalam pemenuhan nafkah rumah tangga di Desa Mangunsuman Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo di Desa Mangunsuman Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo?, Bagaimana analisis fikih mubadalah terhadap dampak perbedaan tingkat pendapatan dalam pemenuhan nafkah rumah tangga untuk mewujudkan keluarga harmonis di Desa Mangunsuman Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo di Desa Mangunsuman Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo? Adapun jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yang bersifat deskriptif analisis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan pendekatan berfikir induktif. Teknik metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dandokumentasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu istri memiliki pendapatan yang lebih besar dari suami, meskipun ada beberapa keluarga tidak harmonis, justru dalam ruang publik dapat membawa kebaikan dalam rumah tangga, istri dapat berkembang menjadi lebih baik, dan memberi manfaat bagi keluarga. Hal tersebut juga berdampak pada keharmonisan dalam rumah tangga, dan cara memelihara keharmonisan rumah tangga bagi wanita yang memiliki pendapatan lebih besar di Desa Mangunsuman adalah: a. Menciptakan kehidupan beragama. b. Meluangkan waktu bersama keluarga. c. Membangun komunikasi yang baik antar anggota keluarga. d. Adanya sifat saling menghargai sesama anggota keluarga. e. Menangani konflik dengan cara musyawarah. Kelima cara tersebut telah memenuhi landasan-landasan teori hukum Islam dalam menjaga keharmonisan rumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rooza Meilia Anggraini
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:14
Last Modified: 11 Jan 2024 07:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27162

Actions (login required)

View Item View Item