..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Manajemen Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan Unggul Berbasis Lembaga Filantropi (Studi Kasus Di Smp Tahfidz Ibnu Batutah Madiun)

Abidin, Irsyad Dzulfiqar (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Manajemen Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan Unggul Berbasis Lembaga Filantropi (Studi Kasus Di Smp Tahfidz Ibnu Batutah Madiun). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502200015_Irsyad Dzulfiqar Abidin.pdf

Download (3MB)

Abstract

LMI sebagai lembaga Filantropi Islam hadir di tengah masyarakat sebagai lembaga kedermawanan dengan dibalut konsep modern dan menghadirkan inovasi serta solusi guna menyikapi permasalalah-permasalahan sosial yang ada di Indonesia. Lembaga ini hadir dengan kontribusi-kolaborasi untuk meningkatkan taraf pendidikan anak-anak di kalangan yatim dan dhuafa yang membutuhkan akses di bidang pendidikan sehingga memberikan kemudahan bagi mereka untuk meraih kesuksesan di masa mendatang. Jika manajemen kurikulum dalam Pengembangan nya bisa berjalan efektif dan efisien dipastikan akan memberikan dampak yang luar biasa bagi stakeholders lembaga itu sendiri dan penerima manfaatnya. Konsep pendidikan unggul mengacu pada prespektif lembaga pendidikan dipandang sebagai penawaran pendidikan yang bermutu dan bisa menjadi rujukan lembaga lain untuk dikembangkan. Dari uraian tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan research lebih jauh untuk mendalami bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kurikulum dalam pengembangan pendidikan unggul di SMP Tahfidz Ibnu Batutah. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dan bertujuan untuk mengkaji pokok pembahasan yang ada secara lebih mendalam tentang manajemen Kurikulum dalam Pengembangan pendidikan unggul berbasis lembaga filantropi di SMP Tahfidz Ibnu Batutah Madiun. Jenis penelitian ini adalah studi kasus (Field Research) dengan teknik analisis menggunakan Model Analisis Interaktif Miles-Huberman-Saladana. Hasil penelitian ini yaitu (1) Perencanaan kurikulum dalam pengembangan pendidikan unggul berbasis lembaga filantropi di SMP Tahfidz Ibnu Batutah Madiun dilakukan setiap awal ajaran baru oleh tim kurikulum dengan membentuk team work, rapat penentuan dan merancang rencana pembelajaran. Hal ini dilakukan setiap tahun oleh semua guru (2) Pelaksanaan kurikulum dalam pengembangan pendidikan unggul berbasis lembaga filantropi di SMP Tahfidz Ibnu Batutah Madiun melalui: a) Pelaksanaan proses pembelajaran Madrasah Diniyah sesuai dengan kurikulum khas pesantren; b) Pelaksanaan programprogram unggulan yang terintegrasi antara sekolah dengan format boarding school; c) Pelaksanaan kegiatan peserta didik menggunakan model kurikulum pesantren konvensional dan kurikulum nasional dengan dukungan sepenuhnya yayasan filantropi. (3) Evaluasi kurikulum dalam pengembangan pendidikan unggul berbasis lembaga filantropi di SMP Tahfidz Ibnu Batutah Madiun dilakukan oleh kepala sekolah kepada guru dengan supervise dan monitorin. Sedangkan untuk evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik, dilakukan sesuai dengan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren yang berlaku

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:47
Last Modified: 11 Jan 2024 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27156

Actions (login required)

View Item View Item