..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON-AKADEMIK SISWA DI MA DARUL HUDA PONOROGO

Safii, Ari Sandi Amat (2023) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON-AKADEMIK SISWA DI MA DARUL HUDA PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190129_ARI SANDI_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sandi, Ari. 2023. Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Non-akademik Siswa di Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Afni Ma’rufah. M.Pd.

Kata Kunci : Manajemen Strategi, Kepala Sekolah, Prestasi Non-akademik.

Prestasi siswa merupakan hal yang sangat penting, karena produk suatu sekolah atau lembaga pendidikan yang paling sering dan umum menjadi sorotan di masyarakat luas yakni prestasi yang didapatkan peserta didiknya baik dari segi akademik maupun non-akademik. Pendidikan yang berkualitas diharapkan dapat menghasilkan keunggulan sumber daya manusia, tidak hanya dari segi akademik saja tetapi juga dalam segi non-akademik.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis formulasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan prestasi non-akademik Siswa di MA Darul Huda Ponorogo, (2) Untuk memaparkan dan menganalisis implementasi strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan prestasi non-akademik Siswa di MA Darul Huda Ponorogo, (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan prestasi non-akademik Siswa di MA Darul Huda Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan akhir.
Hasil peneilitian ini adalah: (1) Formulasi manajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi Non-akademik siswa di MA Darul Huda Ponorogo dilakukan dengan cara melakukan rapat musyawarah, yang mana rapat ini dilakukan pada awal ajaran baru peserta didik. Musyawarah tersebut memformulasikan dan mempersiapkan rencana progam dan kebijakan yang akan dibuat dalam hal peningkatan prestasi non-akademik siswa. Dimulai dengan perumusan visi misi, menelaah lingkungan strategik dan merumuskan mengenai tujuan, sasaran dan strategi yang akan diterapkan. (2) Implementasi manajemen strategi, setelah dirumuskan tahapan selanjutnya yaitu mengimplementasikan strategi yang telah dibuat, secara umum mengenai kebijakan dan progam strategik sudah terstruktur dan terjadwal dengan baik, serta pihak-pihak yang terlibat orang yang berkompeten di bidangnya. (3) Evaluasi manajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi Non-akademik siswa di MA Darul Huda Ponorogo dilakukan dengan cara melakukan rapat musyawarah, yang mana rapat ini dilakukan pada akhir ajaran baru peserta didik. Musyawarah tersebut membahas keefektivan rencana progam dan kebijakan yang sudah dirumuskan dan dilaksanakan dalam hal peningkatan prestasi non-akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:31
Last Modified: 11 Jan 2024 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27140

Actions (login required)

View Item View Item