Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa Melalui Program Full Day School di SMPN 2 Jetis Ponorogo

Khasanah, Niswatun (2023) Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa Melalui Program Full Day School di SMPN 2 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
A5 NISWATIN Watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual siswa melalui program full day school yang ada di SMPN 2 Jetis Ponorogo. Hal ini untuk mengetahui karakter anak didik dalam pengembangannya bisa melalui kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMPN 2 Jetis Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan program full day school di SMPN 2 Jetis Ponorogo. (2) untuk mengetahui dampak program full day school terhadap pengembangan kecerdasan emosional siswa di SMPN 2 Jetis Ponorogo. (3) untuk mengetahui dampak program full day school terhadap pengembangan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 2 Jetis Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMPN 2 Jetis Ponorogo dan dilaksanakan secara langsung di lapangan. Dalam pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dan diuji keabsahannya dan dideskripsikan dalam laporan penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1)Pelaksanaan program full day school di SMPN 2 Jetis Ponorogo, yaitu program kerja lima hari yaitu hari Senin hingga Jumat yang mana dimulai pukul 07:00 WIB hingga 16:15 WIB atau 16:30 WIB terdapat kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 2 Jetis Ponorogo seperti habsy, ju jitsu, pramuka, bola voli, futsal, seni tari, dan karawitan. (2) Dampak program full day school terhadap pengembangan kecerdasan emosional siswa di SMPN 2 Jetis Ponorogo, yaitu perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler menunjukkan bisa menyingkapi dengan permasalahan dengan baik tidak dengan emosi, mengelola emosi baik dirinya sendiri maupun orang lain yang berada di sekelilingnya dan juga menunjukkan kemampuan dalam membina hubungan secara berkelompok saat melalkukan kegiatan ekatrakurikuler yang ada di SMPN 2 Jetis Ponorogo. Menunjukkan siswa memiliki karakter dengan bisa mengatur emosi untuk hal positif bisa menempatkan dirinya pada posisi orang lain, memiliki rasa penuh penasaran dan juga menjaga batas. (3) Dampak program full day school terhadap pengembangan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 2 Jetis Ponorogo, yaitu perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bisa menunjukkan sikap memahami dan menerapkan sikap spiritual seperti memiliki sikap karakter disiplin, jujur, sopan santun, menghargai waktu serta berkonsisten dalam menjalankan ibadah terhadap Allah swt., hal ini bapak/ibu guru yang menjadi pengawasan atau pembinaan dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:22
Last Modified: 11 Jan 2024 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27129

Actions (login required)

View Item View Item