Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Alat Peraga Kosica Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di Madrasah Ibtidaiyah As Salam Sidorejo Ngawi

Wulandari, Ayu (2024) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Alat Peraga Kosica Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di Madrasah Ibtidaiyah As Salam Sidorejo Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190022_AYU WULANDARI_SKRIPSI UPLOAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang digunakan berdasarkan dengan faktor penyebab masalah yang timbul, maka perlu suatu model pembelajaran yang bisa meningkatkan kualitas pembelajaran IPA suatu saat berguna bagi siswa. Meningkatkan pemahaman konsep IPA. Diharapakan pendidikan IPA dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan alat peraga kosica dan (2) meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah As Salam Sidorejo Ngawi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kemmis & Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 20 siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan tes berupa pretest dan posttest. Serta analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 unsur yaitu:(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, pretest dan posttest pemahaman konsep IPA dan RPP.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dilakukan dengan 1 siklus dengan perincian beberapa pertemuan yakni pertemuan awal adalah pretest, pertemuan kedua adalah penerapan dari model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan alat peraga kosica, sedangkan pertemuan akhir sebagai postest. 2) Pelaksanaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) memperoleh hasil pretest dengan rata-rata sebesar 71,25 sedangkan postest dengan rata-rata sebesar 80. Terlihat peningkatan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan alat peraga kosica mengalami peningkatan terlihat dari hasil belajar siswa. Dengan hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar di atas nilai 75. Dan hasil analisis uji t menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yakni t hitung 9,94 sedangkan t tabel 2,09. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA kelas IV Madrasah Ibtidaiyah As Salam Sidorejo Ngawi telah berhasil dilakukan dengan efektif dan ketuntasan nilai yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Esti Yuli Widayanti
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:18
Last Modified: 11 Jan 2024 01:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27124

Actions (login required)

View Item View Item