Nilai-Nilai Moderasi Dalam Kitab Ìẓat Al-Nāsyiīn Dan Kaitannya Dengan Materi Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah

Hamidah, Nur Anisah Rizqi (2023) Nilai-Nilai Moderasi Dalam Kitab Ìẓat Al-Nāsyiīn Dan Kaitannya Dengan Materi Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI NUR ANISAH RIZQI HAMIDAH UPLOAD ETHESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anisah, Nur Rizqi Hamidah. 2023. Nilai-nilai Moderasi dalam Kitab Ìẓat Al-Nāsyiīn dan kaitannya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. H. Agus Tricahyo, M.A.
Kata Kunci: Nilai Moderasi, Ìẓat Al-Nāsyiīn, Akidah Akhlak.
Isu radikalisme, intoleransi, hingga perpecahan antar umat beragama yang terjadi akhir-akhir ini menyebabkan semakin renggangnya persatuan dan kesatuan antar umat beragama yang sedari dulu sudah dipupuk kuat oleh para pendahulu. Oleh karenanya, konsep moderasi menjadi satu-satunya jalan utama untuk merealisasikan itu semua, khususnya dalam Kitab Ìẓat Al-Nāsyiīn yang memiliki kaitan dengan materi ajar akidah akhlak sebagai salah satu jalan penangkis perpecahan melalui jalur pendidikan pada peserta didik kelas X Madrasah Aliyah (MA).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggali nilai-nilai moderasi dalam Kitab Ìẓat Al-Nāsyiīn; dan (2) mencari nilai-nilai moderasi dalam Kitab Ìẓat Al-Nāsyiīn yang berkaitan dengan materi Akidah Akhlak kelas X Madrasah Aliyah.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kajian kepustakaan (library research). Data primer berasal dari bentuk tuturan kalimat moderasi dalam Kitab Ìẓat Al-Nāsyiīn adapun data sekunder berupa materi moderasi pada bab 7 buku Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah KMA No. 183 Tahun 2019. Pengambilan data dilakukan melalui pengkajian terhadap macam bentuk tuturan yang mengandung nilai moderasi dalam Kitab Ìẓat Al-Nāsyiīn yang kemudian di kaitankan dengan materi pada bab 7 buku Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah KMA No 183 Tahun 2019. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) bentuk tuturan pada naskah Kitab Ìẓat Al-Nāsyiīn yang mengandung nilai moderasi terdapat 4 macam bentuk tuturan. Yakni tuturan dalam bentuk pernyataan, yang diwujudkan melalui narasi yang menunjukkan beragam aspek yang menyertai terciptanya konsep moderasi. Tuturan dalam bentuk perbuatan, yang menggambarkan tingkah laku umat manusia dalam menapaki kehidupan yang beriringan dengan konsep moderasi. Tuturan dalam bentuk tabiat atau watak, yang menunjukkan macam-macam sifat serta kepribadian umat manusia dalam menyikapi konsep moderasi dalam miliu kehidupannya. Serta Tuturan dalam bentuk perintah, yang disampaikan secara langsung oleh penulis kitab Ìẓat Al-Nāsyiīn melalui pernyataan, nasehat, serta motivasi yang membakar semangat, agar seluruh umat manusia dapat merekonstruksi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sesuai dengan konsep moderasi sehingga terciptanya kehidupan yang harmonis dan selaras dengan Islam yang rahmatan lil ‘alamin. (2) Terdapatnya kaitan yang erat antara nilai-nilai moderasi pada Kitab Ìẓat Al-Nāsyiīn terhadap materi Akidah Akhlak kelas X Madrasah Aliyah dan saling berkorelasi dari segi materi, khususnya di dalam buku Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah KMA No. 183 Tahun 2019 pada Bab 7 Jadikan Islam Wasathiyah Sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin. Yakni kaitan dari segi poin pembahasan materi pertama “Islam Wasathiyah” yang meliputi makna dan dalil Islam Wasathiyah, ciri-ciri Islam Wasathiyah, dan Islam Wasathiyah sebagai rahmatan lil ‘alamin. Serta kaitan dari segi poin pembahasan materi kedua “Radikalisme” yang meliputi makna radikalisme, ciri-ciri radikalisme, dan Islam menentang radikalisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:16
Last Modified: 11 Jan 2024 01:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27123

Actions (login required)

View Item View Item