PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA DI RT 11 RW 02 DESA SEMEN KECAMATAN NGUNTORONADI KABUPATEN MAGETAN

Muhammad Iqbal, Roihan (2023) PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA DI RT 11 RW 02 DESA SEMEN KECAMATAN NGUNTORONADI KABUPATEN MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190247_ROIHAN MUHAMMAD IQBAL_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Iqbal, Roihan Muhammad. 2023. Peran Tokoh Masyarakat dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama di RT 11 RW 02 Desa Semen Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.

Kata Kunci: Tokoh Masyarakat, Kesadaran Beragama, Masyarakat

Tokoh masyarakat merupakan orang-orang yang terkemuka dan mempunyai keunggulan dalam bidang keagamaan, sosial, budaya serta menjadi tempat bertanya dan meminta nasehat anggota masyarakat. Fenomena masyarakat di RT 11 RW 02 Desa Semen Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan kurang memberikan pendidikan agama dengan baik kepada generasi muda dikarenakan lebih memilih lembaga pendidikan umum dari pada lembaga pendidikan agama, pengaruh kondisi ekonomi yang sulit, dan perkembangan teknologi atau game online yang sangat masif. Berdasarkan fenomena tersebut, tokoh masyarakat berupaya meningkatkan kesadaran beragama masyarakat melalui peran kegiatan keagamaan secara optimal.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran tokoh masyarakat sebagai pendidik dalam meningkatkan kesadaran beragama masyarakat di RT 11 RW 02 Desa Semen Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat tokoh masyarakat dalam meningkatkan kesadaran beragama masyarakat di RT 11 RW 02 Desa Semen Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan. 3) Untuk mengetahui hasil tokoh masyarakat dalam meningkatkan kesadaran beragama masyarakat di RT 11 RW 02 Desa Semen Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data, penyajian data, konduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Peran tokoh masyarakat sebagai pendidik dalam meningkatkan kesadaran beragama masyarakat di RT 11 RW 02 Desa Semen meliputi; bekerja sama dengan tokoh agama dan masyarakat dalam kegiatan keagamaan, menjadi pengayom masyarakat, merangkul remaja dalam Setiap kegiatan keagamaan desa. 2) Faktor pendukung dan penghambat tokoh masyarakat dalam meningkatkan kesadaran beragama di RT 11 RW 02 Desa Semen, meliputi; a. Faktor pendukung: motivasi masyarakat dan penyuluh agama yang kompeten, b. Faktor penghambat: rendahnya ekonomi masyarakat dan kalangan pemuda bersikap apriori dan antipati terhadap kegiatan keagamaan desa. 3) Dampak tokoh masyarakat dalam meningkatkan kesadaran beragama di RT 11 RW 02 Desa Semen, meliputi; meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat, memotivasi partisipasi dan keaktifan masyarakat dalam kegiatan keagamaan, mengatasi kendala dalam pemahaman beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:07
Last Modified: 10 Jan 2024 06:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27111

Actions (login required)

View Item View Item