PENANAMAN KECERDASAN NATURALISTIK DAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA SISWA KELAS III MELALUI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SDIT QURRATA A’YUN PONOROGO

Ervina, Azizah (2013) PENANAMAN KECERDASAN NATURALISTIK DAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA SISWA KELAS III MELALUI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SDIT QURRATA A’YUN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
UPLOAD E-THESIS SKRIPSI ERVINA RESTI AZIZAH ,,.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Azizah, Ervina Resti. 2023. Penanaman Kecerdasan Naturalistik dan Kecerdasan Spiritual Pada Siswa Kelas III Melalui Program Full Day School di SDIT Qurrata A’yun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Lukman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Penanaman, Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Spiritual, Full Day School

Penanaman kecerdasan naturalistik dan kecerdasan spiritual terhadap anak usia SD/MI sangat penting. Penanaman yang dilakukan sejak dini akan berdampak pada masa depan anak, penanaman kecerdaan naturalistik akan menumbuhkan kesadaran pada anak mengenai kepedulian terhadap lingkungan. Sedangkan penanaman kecerdasan spiritual akan menumbuhkan pribadi yang taat terhadap aturan-aturan agama Islam yang berlandaskn Al-qur’an dan hadis sehingga sikap religius siswa akan terbentuk. Penanaman ini dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan yang terus dilakukan melalui pengontrolan yang baik.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui perencanaan penanaman kecedasan naturalistik dan kecedasan spiritual pada siswa kelas III melalui program full day school di SDIT Qurrata A’yun Ponorogo. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan kecerdasan naturalistik dan kecedasan spiritual pada siswa kelas III melalui program full day school di SDIT Qurrata A’yun Ponorogo. (3) Untuk mengetahui evaluasi kecerdasan naturalistik dan kecedasan spiritual pada siswa kelas III melalui program full day school di SDIT Qurrata A’yun Ponorogo.
Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan wawancara, angket siswa, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Proses penanaman kecerdasan naturalistik dan kecerdasan spiritual di SDIT Qurrata A’yun Ponorogo terangkum dalam program full day school. Proses pelaksanaannya disistematiskan melalui kurikulum yang digunakan yakni penerapan K-13, Kurikulum Merdeka, serta kurikulum terpadu. Dalam program full day school termuat tujuan-tujuan didalamnya yaitu memberikan fasilitas bagi siswa agar mendapatkan dua bidang keilmuan yaitu ilmu umum dan ilmu agama. Serta tujuan dari full day school termuat dalam visi misi SDIT Qurrata A’yun. (2) Penanaman kecerdasan naturalistik dan kecerdasan spiritual dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus. Pembiasaan-pembiasaan tersebut terangkum dalam program-program yang telah dibentuk, diantaranya (a) sholat dhuha, (b) tilawah, (c) buku komunikasi,(d) tim penegak budaya sekolah islami, (e) sholat dhuhur dan ashar berjamaah, (f) kesepakatan kelas, dan (g) budaya bersih dan peduli lingkungan. (3) dalam pelaksanaannya ditemukan hambatan diantaranya, adanya titik jenuh dalam proses pelaksanaan; menurunnya daya tahan tubuh siswa akhibat padatnya kegiatan dikarenakan program dilakukan secara full day; dan orang tua yang tidak menyinkronkan kegiatan yang ada disekolah dengan dirumah. Hambatan-hambatan tersebut dipecahkan dengan beberapa cara yaitu, senantiasa memupuk semangat baru dari seluruh pihak; adanya buku komunikasi yang mana dengan buku ini guru dan orang tua mampu mengontrol pembiasaan siswa; juga terdapat POMG (Paguyuban Orang Tua Murid dan Guru). Juga dibuktikan mengenai hasil angket yang diisi oleh siswa yang menunjukkan rata-rata yang sangat baik antara kecerdasan naturalistik dan kecerdasan spiritual yakni nilai rata-rata kecerdasan naturalistik sebesar 82,14 dan nilai rata-rata kecerdasan spiritual sebesar 85.03.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:06
Last Modified: 10 Jan 2024 06:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27107

Actions (login required)

View Item View Item