Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Surodikraman Ponorogo

Fauzi, Muhammad Irfan (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Surodikraman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD IRFAN FAUZI_203190273_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fauzi, Muhammad Irfan. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Surodikraman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Hanin Niswatul Fauziah, M.Si.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Analitis, Model Inkuiri, Pembelajaran IPA
Pembelajaran IPA pada hakikatnya merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik baik secara individual maupun kelompok untuk aktif dalam mencari, menggali dan menemukan sebuah konsep serta prinsip secara holistik dan secara otentik. Melalui pembelajaran IPA peserta didik diharapkan mampu mengaplikasikan kemampuan berpikir analitis secara reflektif. Namun, realita dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis peserta didik masih kurang optimal. Hal ini sebagaimana yang terjadi di SDN 1 Surodikraman Ponorogo, pada tahap prelimenary dibuktikan nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis sebesar 62.50%. Hal ini disebabkan peserta didik masih banyak yang pasif dalam kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran hanya terpusat pada guru. Oleh karena itu, salah satu solusi yang diberikan yaitu inovasi model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri untuk mengetahui aktivitas peserta didik saat diterapkannya model inkuiri serta mengetahui efektivitas pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan kemampuan analitis peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre Experimental dengan rancangan one group pretest-posttest desaign, Sampel yang digunakan adalah kelas IV yang berjumlah 21 Siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan dan aktivitas peserta didik saat diterapkannya model pembelajaran model inkuiri dan lembar tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir analitis peserta didik. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t menggunakan SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri mendapatkan rata rata 78,12% dengan kategori sangat baik dan aktivitas pesarta didik pada saat diterapkan model pembelajaran inkuiri mendapatkan persentase sebesar persentase 78,12% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji-t, model pembelajaran inkuiri efekif meningkatkan kemampuan berpikir analitis peseta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:02
Last Modified: 10 Jan 2024 04:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27101

Actions (login required)

View Item View Item