STUDI KOMPARASI AKHLAK SISWA YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN PESANTREN MTS MIFTAHUL ULUM PUCANG MADIUN TAHUN AJARAN 2022/2023

Hidayatulloh, Putra (2023) STUDI KOMPARASI AKHLAK SISWA YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN PESANTREN MTS MIFTAHUL ULUM PUCANG MADIUN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
PUTRA HIDAYATULLOH_201190224_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akhlak merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh setiap manusia.  Lingkungan merupakan faktor utama pembentukan akhlak pada setiap manusia,  jika lingkungannya baik maka kemungkinan besar akhlak yang tercerminpun akan  baik pula. Dan sebaliknya, jika lingkungannya tidak baik maka kemungkinan besar  akan berpengaruh terhadap akhlak masyarkat tersebut, tapi akhlak dapat diubah jika  manusia berusaha bersungguh-sungguh untuk mengubahnya menjadi lebih baik.  Asumsi awal dari penelitian ini adalah akhlak siswa yang tinggal di lingkungan  pesantren lebih baik dari siswa yang tinggal di lingkungan keluarga, karena dalam  lingkungan pesantren terdapat program aktivitas yang tersusun secara rapi, segala  aturan yang telah ditentukan beserta sanksi yang menyertainya. Sedangkan siswa  yang tinggal di rumah tidak memiliki jadwal yang terstruktur dan masih bergantung  kepada orang tua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akhlak siswa yang tinggal di  lingkungan keluarga, akhlak siswa yang tinggal di lingkungan pesantren, dan untuk  mengetahui ada atau tidaknya perbedaan akhlak antara siswa yang tinggal di  lingkungan keluarga dengan siswa yang tinggal di lingkungan pesantren. Penelitian  ini dilaksanakan pada bulan Mei - Oktober 2023 di MTs Miftahul Ulum Pucang  Madiun.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan  angket dengan sempel siswa sebanyak 64 orang. Sedangkan untuk analisa, peneliti  menggunakan teknik komparasi Uji Beda (t-test) T-test sempel bebas (Independent  Sample T Test), namun sebelumnya, data diuji validitas dan reabilitas terlebih  dahulu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple  random sampling.
Secara umum akhlak siswa MTs Miftahul Ulum yang tinggal di lingkungan  keluarga berada pada tingkat baik (frekuensi 23 dengan prosentase 71,875%). Hal  ini berdasarkan hasil hitungan nilai dari data pada table 4.1 dari hasil angket dalam  penelitian. Secara umum akhlak siswa MTs Miftahul Ulum yang tinggal di  lingkungan pesantren berada pada tingkat baik (frekuensi 21 dengan prosentase  65,625%). Hal ini berdasarkan hasil hitungan nilai dari data pada table 4.2 dari hasil  angket dalam penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hipotesis nihil  (tidak terdapat perbedaan akhlak yang signifikan antara siswa yang tinggal di  lingkungan keluarga dengan siswa yang tinggal di lingkungan pesantren) diterima  atau disetujui. Karena diketahui bahwa to sebesar 0,943; sedangkan tt = 2,000 maka  to lebih kecil dari tt.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:55
Last Modified: 10 Jan 2024 03:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27097

Actions (login required)

View Item View Item