...(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG PDF)...Implementasi Metode Braille Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Santri Tunanetra Di LKSA Tunanetra Terpadu 'Aisyiyah Ponorogo

Safitri, Dwi (2023) ...(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG PDF)...Implementasi Metode Braille Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Santri Tunanetra Di LKSA Tunanetra Terpadu 'Aisyiyah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Safitri, Dwi. 2023. Implementasi Metode Braille Dalam Pembelajaran Al- Qur’an Santri Tunanetra Di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorgo. Pembimbing, Dr. H. Agus Tricahyo, M.A.
Kata Kunci: Metode Braille, Pembelajaran Al-Qur’an, Tunanetra
Tunanetra merupakan salah satu tipe anak berkebutuhan khusus karena mengalami gangguan pada indera penglihatan seseorang. Tunanetra tidak hanya mereka yang buta saja melainkan juga yang mampu melihat akan tetapi penglihatannya terbatas. Pada dasarnya pembelajaran yang dilakukan sama saja dengan anak normal pada umumnya akan tetapi terdapat modifikasi dalam pelaksanaannya. Seperti halnya strategi, metode, dan media yang digunakan berbeda dengan anak normal lainnya. Hal ini dikarenakan disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan anak didik tersebut.
Berasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian tersebut dengan tujuan: 1. Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran Al-Qur'an dengan metode braille kepada santri tunanetra. 2. Untuk mengetahui hasil perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi metode braille dalam pembelajaran Al-Qur'an kepada santri tunanetra. 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode braille kepada santri tunanetra. 
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang sering digunakan untuk menganalisis kejadian, fenomena, atau keadan secara sosial secara sistematis. Peneliti mengmumpulkan data melalui berbagai teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, analisis dokumen, atau diskusi terfokus yang telah dituangkan dalam catatan lapangan.peneliti menganalisis data yang diperoleh dengan cara mereduksi data, menyajikan data yang telah diperoleh dan yang terakhir menarik kesimpulan dari data tersebut.
Dari penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa: (1) Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran Al-Qur'an metode braille pada anak tunanetra meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Hasil perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi metode braille pada anak tunanetra dalam pembelajaran Al-Qur'an, terdapat beberapa indikator keberhasilan seperti kepekaan jemari, kelancaran dan kesesuaian makhraj yang sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid. (3) Faktor pendukung yang dapat mempengaruhi kemampuan anak didik yaitu sarana prasarana yang mencukupi, adanya dorongan dan motivasi yang menimbulkan semangat belajar anak. Faktor yang dapat menghambat proses pembelajaran secara garis besar dibagian menjadi dua, yakni faktor internal yang berasal dari dalam diri anak itu sendiri seperti kurangnya latihan membaca dan menulis serta kembali hafalan anak didik itu sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:02
Last Modified: 10 Jan 2024 04:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27085

Actions (login required)

View Item View Item