..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta didik Di Madrasah Diniyah Ma'arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo

Futuroh, Rulia (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta didik Di Madrasah Diniyah Ma'arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190251_RULIA FUTUROH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peran guru dalam pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya sebagian peserta didik yang masih kurang maksimal dalam memiliki nilai karakter religius, hal tersebut disebabkan kurangnya perhatian dari orang tua dalam menanamkan nilai karakter religius pada anak. Hasil observasi menemukan adanya upaya guru dalam rangka membentuk nilai-nilai karakter religius pada peserta didik, yaitu adanya pembiasaan-pembiasaan seperti menghafal asma’ul husna, sholat berjamaah, membaca doa sebelum dan sesudah belajar, serta pembiasaan mencium tangan guru.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peran guru dalam membentuk nilai akidah peserta didik di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1; (2) mendeskripsikan peran guru dalam membentuk nilai syariat peserta didik di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1; (3) mendeskripsikan peran guru dalam membentuk nilai akhlak peserta didik di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dari subjek penelitian yaitu kepala madrasah, guru, siswa kelas V dan VI. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi untuk melengkapi data yang diambil oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles Huberman.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) peran guru dalam membentuk nilai akidah peserta didik di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 yaitu sebagai pengajar dan pembimbing dimana guru menyampaikan informasi atau pengetahuan yang dimilikinya kepada peserta didik dengan menggunakan metode cerita dan metode keteladanan; (2) dalam membentuk nilai syariat guru berperan sebagai pelatih dan penasehat, guru tidak mengajar saja tapi juga menjadi pelatih dalam mengerjakan ibadah yang tertuang dalam rukun Islam, dengan menggunakan metode nasihat dan keteladanan; (3) dalam membentuk nilai akhlak guru berperan sebagai panutan dan pembimbing siswa menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, pengawasan dan hukuman. Guru memberikan contoh-contoh yang baik melalui pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan di Madrasah, dimana pembiasaan tersebut yang akan membuat peserta didik memiliki akhlak yang baik dalam pergaulannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:11
Last Modified: 10 Jan 2024 04:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27080

Actions (login required)

View Item View Item