STRATEGI PERSONAL SELLING PADA APLIKASI MOBILE BANKING DI BANK MUAMALAT INDONESIA KCP PONOROGO

Purwaningsih, Heni (2023) STRATEGI PERSONAL SELLING PADA APLIKASI MOBILE BANKING DI BANK MUAMALAT INDONESIA KCP PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
HENI PURWANINGSIH ETHESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Personal Selling, Mobile Banking
Di era digitalisasi ini bank dan lembaga keuangan berlomba-lomba secara kompetitif, berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan kemudahan bagi nasabahnya, salah satunya dengan Mobile Banking. Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo adalah sebuah lembaga keuangan syariah yang menawarkan layanan Mobile Banking dalam operasionalnya. Dalam mempromosikan Mobile Banking perlu adanya sebuah strategi pemasaran, salah satu yang digunakan adalah personal selling. Meskipun dalam pelaksanaan strategi personal selling sudah maksimal, namun pada tahun 2021-2022 jumlah aktivasi Mobile Banking mengalami penurunan dari 606 menjadi 548. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan strategi personal selling?, apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi personal selling?, serta bagaimana dampak pelaksanaan strategi personal selling pada aplikasi Mobile Banking di Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif. Data dan sumber data diperoleh dari pihak Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. teknik analisis data menggunakan metode deduktif.
Berdasarkan hasil penelitian tahapan personal selling yang dilakukan Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo adalah memilih calon pelanggan,pendekatan, presentasi produk, menangani keberatan pelanggan, penutup penjualan, dan tindak lanjut. Faktor pendukung personal selling adalah motivasi, keyakinan, dan pertumbuhan ekonomi, faktor penghambat personal selling adalah kesalahan memilih sasaran, kualitas atau jasa menurun dan kendala sosial. Dampak dari pelaksanaan personal selling bagi Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo adalah masih kurang maksimal, meskipun tahapan personal selling sudah sesuai diterpakan akan tetapi ada faktor penghambat yang mempengaruhinya. Namun demikian pihak bank tetap mengupayakan untuk mempromosikan Mobile Banking agar aktivasi mobile Banking bisa terus meningkat. Sedangkan dampak personal Selling bagi nasabah adalah pengetahuan mereka semakin bertambah dan lebih mengenal aplikasi Mobile Banking Muamalat Digital Islamic Network.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fitra Rizal
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:10
Last Modified: 10 Jan 2024 04:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27077

Actions (login required)

View Item View Item