NABILA, YUSRON RIZKI (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKAI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBHAKAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN BERMATERAI, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-AKHLAQ LI AL-BANIN BAGI SANTRI MADRASAH DINIYAH AL-MUBAROK DI DUSUN SEMAMBU DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-AKHLAQ LI AL-BANIN BAGI SANTRI MADRASAH DINIYAH AL-MUBAROK DI DUSUN SEMAMBU DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO.pdf Download (920kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Nabila, Yusron Rizki. 2023. Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Akhlaq Li Al-Banin Bagi Santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok Di Dusun Semambu Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I
Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Santri, Madrasah Diniyah
Pendidikan akhlak bagi santri madrasah diniyah merupakan hal yang sangat penting keberadaannya. Pendidikan akhlak ini di jadikan sebagai salah satu cara untuk mendidik akhlak santri, meningkatkan kualitas aqidah dan ibadah muamalah. Pendidikan akhlak saat ini sangat di butuhkan oleh anak-anak untuk mengapai kesempurnaan akhlak sehingga menuntunnya menggapai kebahagiaan hidup dunia dan akhirat
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keadaan santri Madrasah Diniyah “Al-Mubarok” di desa Paringan, kec. Jenangan, kab. Ponorogo sebelum mendapatkan materi kitab Aklaku lil Banin; (2) strategi ustadz dalam meningkatkan akhlak santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok Di Dusun Semambu Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo melalui kiitab Al-Akhlaq Li Al-Banin; dan (3) implikasi materi kitab Al-Akhlaq Li Al-Banin bagi santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok Di Dusun Semambu Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulanm data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian triangulasi sumber dan metode.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) secara kemampuan, murid-murid di Madrasah Diniyah Al-Mubarok dusun Semambu desa Paringan kecamatan Jenangan, telah meluluskan beberapa lulusan yang berprestasi dalam bidang pendidikan. Semisal anak-anak sebelum ikut di Madin belum bisa adzan dan mengaji, setelah masuk Madin mereka bisa adzan dan membaca Al-Qur’an dengan baik dan fasih walaupun masih usia dini. (2) ada beberapa strategi dalam proses pembelajaran di Madrasah Diniyah “Al-Mubarok” antara lain; menggunakan media pembelajaran papan tulis, buku atau kitab. Materi sebelumnya ditulis di papan tulis lalu murid diinstruksikan untuk mencatat kemudian memberikan contoh setelah itu baru anak disuruh untuk mempraktikkan ulang yang diajarkan. (3) nilai-nilai ketauhidan seperti belajar membaca do’a, kemudian mengucap salam dirancang agar santri terbiasa untuk melakukannya tidak hanya di madrasah akan tetapi dimanapun tempatnya sebelum melakukan sesuatu dan sesudahnya selalu berdo’a, kemudian ketika bertemu di jalan saling mengucap salam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Afif Syaiful Mahmudin |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 04:08 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 04:08 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27074 |
Actions (login required)
View Item |