Penerapan Model Pembelajaran Tipe Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas III MI Mambaul Huda Ngabar

Indraswari, Arum Dwi (2023) Penerapan Model Pembelajaran Tipe Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas III MI Mambaul Huda Ngabar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190016_ARUM DWI INDRASWARI_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mata Pelajaran Fiqih adalah salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati terutama dalam ibadah sehari-hari, yang kemudian menjadi dasar pedoman hidup (way of life) melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman dan pembiasaan.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui penerapan tipe Inside Outside Circle untuk meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran Fiqih kelas III MI Mambaul Huda Ngabar, 2) untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pada mata pelajaran Fiqih kelas III MI Mambaul Huda Ngabar diterapkannya model Inside Outside Circle, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran tipe Inside Outside Circle untuk meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran Fiqih kelas III MI Mambaul Huda Ngabar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkann pemahaman konsep mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan model Inside Outside Circle di kelas III MI Mambaul Huda Ngabar.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Pelaksanaan model pembelajaran tipe Inside Outside Circle pada siklus 1 sampai dengan siklus 3 berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari penilaian aktivitas guru dan penilaian sikap serta penilaian kognitif pada siswa. Nilai persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 79,76%. Pada siklus II nilai persentase aktivitas guru 86,90%. Dan meningkat pada siklus III nilai persentase aktivitas guru adalah 91,67%. Aktivitas siswa juga berjalan dengan baik didapatkan nilai anak-anak pada indikator disiplin dan tanggung jawab yaitu pada siklus I mendapat persentase 83,48% kategori baik, siklus II mendapat nilai persentase 91,07% kategori sangat baik, dan untuk siklus III mengalami peningkatan mendapat nilai persentase 94,19% kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa pada penilaian sikap siswa meningkat dari Siklus I sampai Siklus III. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa pemahaman konsep pada siswa kelas III MI Mambaul Huda Ngabar dengan menerapkannya model pembelajaran tipe Inside Outside Circle mengalami peningkatan dengan siswa diberikan soal evaluasi sebanyak 5 butir soal, pemahaman konsep dapat dikatakan tuntas apabila nilai klasikal ketuntasan ≥ 66. Pada siklus I didapatkan hasil nilai persentase sebesar 82,14%, pada siklus II mendapatkan nilai persentase sebesar 89,28% sedangkan pada siklus III mendapatkan nilai persentase sebesar 100%. Hal ini menunjukkan dengan menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle dapat meningkatkan pemahaman konsep pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:07
Last Modified: 10 Jan 2024 04:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27072

Actions (login required)

View Item View Item