..(SURAT PERNYATAAN DIGANTI DENGAN SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Penerapan Model Think Pair Share untuk Meningkatkan Keaktifan dan hasil belajar PPKN pada kelas 3 Ar Rahim Mi Ma'arif Setono Jenangan Ponorogo

Sholihah, Bela (2024) ..(SURAT PERNYATAAN DIGANTI DENGAN SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Penerapan Model Think Pair Share untuk Meningkatkan Keaktifan dan hasil belajar PPKN pada kelas 3 Ar Rahim Mi Ma'arif Setono Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI BELA MARATUS 15 NOV 2023_A5.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Sholihah, Bela Mar’atus. 2023. Penerapan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan keaktifan dan Hasil Belajar PPKN Pada Kelas 3 Ar-Rahim MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ibu Hestu Wilujeg, M.Pd.

Kata Kunci: Model Think Pair Share, Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi ketika guru menyapaikan materi pelajaran PPKN di depan kelas, tampak sebagian besar peserta didik kurang berlatih untuk meningkatkan keaktifan hasil belajar murid tidak memperhatikan dan terlihat pasif ketika sedang ditanya jawab. Kurangnya minat peserta didik dalam membaca materi pembelajaran dan kurangnya fokus peserta didik pada saat guru menyampaikan materi pembelajaran dikelas. Hal tersebut di buktikan dengan hasil wawancara dengan guru kelas 3 Ar-rahim, bahwa melalui tes keaktifan hasil belajar murid kelas 3 dalam materi keragaman di lingkungan sekitar nilai rata-rata PPKN murid hanya 55,5%. Nilai pelajaran PPKN dari 26 murid hanya 30% yang mencapai KKM. Nilai rata-rata tes meningkatkan keaktifan hasil belajar murid pada mata pelajaran PPKN sebagian masih dibawah KKM. Dikarenakan keaktifan hasil belajar murid. kelas 3 di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo Ponorogo masih jauh dari yang diharapkan dan belum sesuai dengan KKM yang telah ditentukan, peneliti memutuskan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Oleh karena itu penerapan pembelajaran PPKN di kelas (Think Pair Share) diperlukan sebagai alternatif untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan meningkatkan kemampuan berpikir murid.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar murid pada mata pelajaran PPKN melalui penerapan PPKN di kelas (Think Pair Share) di kelas 3 MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo Jenangan Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas 3 MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo Ponorogo yang berjumlah 26 murid. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi dan tes.
Berdasarkan hasil analisis belajar penelitian dengan menggunakan model kurt lewin Think Pair Share pada murid kelas 3 MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo Jenangan Ponorogo dapat meningkatkan keaktifan hasil belajar murid. Hal ini dapat dilihat bahwa tiap siklusnya selalu mengalami peningkatan. Pada pra siklus murid yang tuntas sebanyak 9 murid atau sebesar 30% dan yang belum tuntas sebanyak 17 murid atau sebesar 70% kemudian pada siklus I jumlah murid yang tuntas sebanyak 9 murid atau sebesar 45% dan yang belum tuntas 17 murid atau sebesar 55% kemudian pada siklus II murid yang tuntas sebanyak 24 murid atau sebesar 90% dan yang belum tuntas sebanyak 2 murid atau sebesar 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan hasil belajar PPKN murid kelas 3 MI Ma’afrif Setono Ponorogo mengalami peningkatan setelah diterapkan dengan model pembelajaran Think Pair Share. Hasil menunjukan bahwa Think Pair Share adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar murid pada setiap siklusnya meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilujeng Hestu
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:01
Last Modified: 10 Jan 2024 04:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27068

Actions (login required)

View Item View Item