Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI IPS 3 Di MAN 2 Ponorogo

Tri, Wahyuni (2024) Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI IPS 3 Di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

[img] Text
210317302_TRI WAHYUNI_ PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peserta didik kelas XI IPS 3 di MAN 2 Ponorogo dalam waktu proses pembelajaran
masih kurang aktif ketika ada materi pembelajaran di kelas, hal tersebut bisa diketahui dari
peserta didik yang tidak mau bertanya, tidak aktif dalam berpendapat. Maka dari itu, dengan
menerapkan HOTS dalam proses pembelajaran dan penilaian dapat melatih peserta didik untuk
mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya agar nantinya mereka dapat menyelesaikan
permasalahan dalam kehidupannya sehingga peserta didik mampu membuat keputusan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pembelajaran berbasis HOTS pada mata
pelajaran SKI kelas XI IPS 3 di MAN 2 Ponorogo, (2) menganalisis implikasi pembelajaran SKI
berbasis HOTS dalam meningkatkan berpikir kritis siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis
penelitian kasus (Case Study). Adapaun teknik pengumpulandata dalam penelitian ini melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini adalah
Wakil Kepala Sekolah, guru SKI, dan Peserta didik kelas XI IPS 3. sedangkan untuk teknik
analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik
kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan kebasahan data pada penelitian ini dengan menggunakan
peningkatan ketekunan, diskusi sejawat, dan triangulisi data.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Penerapan pembelajaran berbasis HOTS, dilakukan
dengan 3 tahapan (a) perencanaan guru menggunakan kerikukulum 2013 membuat RPP
mengunakan KKO C4 menganalisis, C5 mengevaluasi, C6 mengkreasi/mencipta. (b)
Pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS dilaksanakan oleh guru menggunakan pendekatan
PBL pada materi Daulah Syafawi di Persia, siswa diminta untuk menganalisis model
pemerintahan yang berbasis teokratis. (c) Evaluasi pembelajaran berbasis HOTS dilakukan
dengan instrument tes pada KKO C4 menganalisis, pada meingkatkan kemampuan analisis
siswa. (2) Implikasi pembelajaran HOTS pada peningkatan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 di
MAN 2 Ponorogo pada materi SKI dengan menggunakan model pembelajaran PBL kemampuan
berpikir kritis siswa meningkat pada aspek analisis problem, evaluasi temuan dan kreasi siswa
pada presentasi hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:51
Last Modified: 10 Jan 2024 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27064

Actions (login required)

View Item View Item