Ayuningtyas, Rindy (2024) ..(SURAT PERNYATAAN DIGANTI DENGAN SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, PERBAIKI LAYOUT, PERBAIKI FONT DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENGGUNAKAN WPS OFFICE, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di MA Tahfidz Al-Qur’an Plus Al-Ishlah Tambakmas Kebonsari Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI RINDY AYUNINGTIAS 201180191.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Ayuningtias, Rindy. 2023. Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di MA Tahfidz Al-Qur’an Plus Al-Ishlah Tambakmas Kebonsari Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing, Safiruddin Al Baqi, M.A.
Kata kunci : Hafalan Al-Qur’an, Metode Sorogan, Program Tahfidz.
Menghafal Al-Qur’an merupakan pekerjaan yang cenderung sulit dari pada membacanya. Hal ini terjadi karena selain memiliki lembaran yang sangat banyak, Al-Qur’an memiliki banyak ayat-ayat yang mirip. Oleh karena itu dalam mencapai tujuan untuk menghafalkan Al-Qur’an, dibutuhkan metode yang sesuai untuk membantu siswa dalam hafalannya. Oleh karena itu dalam mencapai tujuan untuk menghafal dibutuhkan metode yang sesuai untuk meningkatkan mutu hafalan Al-Qur’an. Ada satu ciri khas di MA Tahfidz Al-Qur’an Plus Al-Ishlah bahwa metode sorogan sebagai metode yang cocok untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an.
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan metode sorogan hafalan Al-Qur’an di MA Tahfidz Al-Qur’an Plus Al-Ishlah Tambakmas Kebonsari Madiun. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode sorogan dalam meningkatkan mutu hafalan Al-Qur’an di MA Tahfidz Al-Qur’an Plus Al-IshlahTambakmas Kebonsari Madiun. (3) Untuk mengetahui evaluasi metode sorogan hafalan Al-Qur’an di MA Tahfidz Al-Qur’an Plus Al-Ishlah Tambakmas Kebonsari Madiun dengan menggunakan metode sorogan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Milles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Metode Sorogan dalam meningkatkan mutu hafalan di MA Tahfidz Al-Qur’an Plus Al-Ishlah sangat efektif juga menjadikan siswa lebih aktif untuk belajar, dan cepat paham karena para siswa setoran langsung diawasi oleh pembimbing. (2) faktor pendukung dan penghambat (a) faktor pendukung: Dengan adanya sarana dan prasarana serta pembimbing hafalan yang ada di MA Tahfidz Al-Qur’an Plus Al-Ishlah dapat menunjang proses penerapan metode sorogan hafalan Al-Qur'an. (b) Faktor penghambat: kurangnya dukungan dari orang tua utamanya dari teman sekitar sehingga siswa-siswi waktu sorogan ada yang tidak menambah hafalan. (3) Hasil hafalan Al-Qur’an di MA Tahfidz Al-Qur’an Plus Al-Ishlah dengan menggunakan metode sorogan sangat baik karena yang dinilai adalah aspek tajwid agar benar-benar tertanam tidak asal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Safiruddin Al Baqi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 03:45 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 03:45 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27063 |
Actions (login required)
View Item |