Habituasi Kegiatan Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMPN 1 Mlarak

azizah, umniyati khanza (2023) Habituasi Kegiatan Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMPN 1 Mlarak. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
umniyati khanza ethesis (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang selalu menjadi kekhawatiran adalah masalah karakter. Tentu saja pembangunan suatu bangsa akan terhambat karena kemerosotan nilai-nilai karakter atau hilangnya jati diri bangsa. Bagaimanapun, karakter suatu bangsa yang akan menjadi pendorong kemajuan bangsa bahkan menjadi landasannya. Pada kalangan peserta didik, rendahnya tingkat religius menjadi probelama di lembaga-lembaga pendidikan. Oleh karena itu perlu adanya peran lingkungan sekolah dalam mengatasi degradasi nilai karakter. Lingkungan sekolah memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter dan tingkah laku moral anak. Salah satunya adalah dengan adanya upaya sekolah dalam menumbuhkan karakter religius pada peserta didik dengan adanya pembiasaan pembiasaan kegiatan keagamaan. SMPN 1 Mlarak merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembiasaan kegiatan keagamaan baik saat proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di SMPN 1 Mlarak dalam pembentukan karakter religius peserta didik, untuk mengetahui partisipasi warga sekolah pada kegiatan keagamaan di SMPN 1 Mlarak, untuk mengetahui dampak pembiasaan kegiatan keagamaan terhadap karakter religius peserta didik SMPN 1 Mlarak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Kepala sekolah, waka kesiswaan, guru pendidikan agama islam, guru Bahasa Inggris, guru Bahasa Indonesia sertapeserta didik merupakan narasumber dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara kondensasi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan di SMPN 1 Mlarak berjalan dengan baik, 2) Seluruh waga sekolah berpatisipasi dalam pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan. Walapun terdapat kendala namun kendala itu bukan masalah yang besar bagi SMPN 1 Mlarak, karna sudah terdapat solusi yang dijalankan, 3) Pembiasaan kegiatan keagamaan berdampak baik bagi peserta didik, yaitu terbentuknya karakter religus peseta didik yang mencakup dimensi keyakinan, dimensi praktik, dimensi pengalaman, dimensi pengamalan, dimensi pengetahuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:16
Last Modified: 09 Jan 2024 07:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27055

Actions (login required)

View Item View Item