Pengaruh Ekstrakurikuler Muhadharah Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kecerdasan Siswa Di Mts Ma'arif Al-falah Ngrayun Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023

Hevika, Nufitri (2023) Pengaruh Ekstrakurikuler Muhadharah Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kecerdasan Siswa Di Mts Ma'arif Al-falah Ngrayun Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317104 NUFITRI HEVIKA PAI.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan linguistik merupakan kecerdasan dalam mengolah kata, kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif baik lisan maupun tulisan.. Selain kegiatan pendukung, faktor eksternal kemampuan berbahasa adalah lingkungan keluarga.Lingkungan keluarga ikut andil dalam perkembangan anak di sekolah. Lingkungan keluarga yang positif berdampak pada perkembangan anak yang baik, semakin bagus serta positif lingkungan keluarga maka semakin bagus juga perkembangan anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan adanya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler muhadharah terhadap kecerdasan linguistik siswa MTs Ma’arif Al-Falah Ngrayun Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023, (2) menjelaskan adanya pengaruh lingkungan keluarga terhadap kecerdasan linguistik siswa MTs Ma’arif Al-Falah Ngrayun Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023, dan (3) menjelaskan adanya pengaruh ekstakurikuler muhadharah dan lingkungan keluarga terhadap kecerdasan linguistik siswa MTs Ma’arif Al-Falah Ngrayun Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik jenuh. jumlah populasi relatif kecil yaitu 104 siswa meliputi siswa kelas 7, kelas 8, dan kelas 9. Pengumpulan datanya melalui penyebaran angket dan penilaian praktik pidato. Sedangkan analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan komputer aplikasi SPSS 23 for windows 10.
Berdasarkan analisis data diketahui (1) adanya pengaruh ekstrakurikuler muhadharah terhadap kecerdasan linguistik siswa MTs Ma’arif Al-Falah Ngrayun Ponorogo, ditunjukan oleh nilai signifikansi lebih kecil daripada nilai signifikansi yang telah ditetapkan, yaitu 0,000 < 0,05, dengan presentase pengaruh sebesar 11,3%. (2) Adanya pengaruh lingkungan keluarga terhadap kecerdasan linguistik siswa MTs Ma’arif Al-Falah Ngrayun Ponorogo. Ditunjukkan nilai signifikansi yang lebih kecil daripada nilai signifikansi yang telah ditetapkan yaitu 0,000 < 0,05 dengan presentase sebesar 33,3%. 3) Adannya pengaruh ekstrakurikuler muhadharah dan lingkungan keluarga terhadap kecerdasan linguistik siswa MTs Ma’arif Al-Falah Ngrayun Ponorogo. Hal ini berdasarkan nilai F hitung sebesar 20,242 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan persentase sebesar 60% sedangkan 40% didukung oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:59
Last Modified: 09 Jan 2024 04:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27050

Actions (login required)

View Item View Item