Telaah materi buku ajar akhlak tasawuf madrasah aliyah kelas 12

Anam, Choirul (2023) Telaah materi buku ajar akhlak tasawuf madrasah aliyah kelas 12. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190048_CHOIRUL ANAM_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anam, Choirul, 2023, Telaah Materi Buku Akhlak Tasawuf Madrasah Aliyah Kelas12. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan. Jurusan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Nur Kolis, Ph. D
Kata Kunci : buku ajar, materi ajar, buku akhlak tasawuf.     
            Penelitian ini merupakan bentuk telaah buku ajar yang menjadi acuan dalam proses pembelajaran peserta didik sesuai kurikulum yang ditetapkan. Dalam pemilihan buku ajar, perlu mempertimbangkan empat unsur kelayakan sesuai dengan ketentuan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Keempat unsur kelayakan tersebut yaitu: kelayakan isi, kelayakan penyajian materi, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan. Terkait buku ajar yang beredar di madrasah dalam konteks pendidikan, menurut Muslich terdapat beberapa keganjilan pada buku ajar yang beredar, yaitu (1) terdapat buku yang tidak sesuai dengan pesan kurikulum, (2) terdapat buku teks yang berisi pokok-pokok materi yang hanya berupa ringkasan, (3) terdapat buku teks yang uraiannya sangat teknis, (4) terdapat buku teks yang tidak sesuai dengan pola pikir siswa, dan (5) terdapat buku teks yang kurang applicable (relevan). Dengan adanya masalah diatas peneliti  akan mengkaji buku ajar akhlak tasawuf madrasah aliyah kelas 12.
Fokus penelitan ini untuk mengetahui layak atau tidaknya buku ajar. Pertayaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana kesesuaian materi buku ajar akhlak tasawuf MA kelas 12 dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD)? (2) Bagaimana penyajian kedalaman dan keluasan materi dalam buku ajar Akhlak Tasawuf MA kelas 12?.
Metode penelitan yang digunakan adalah penelitan kualitatif, dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) pada buku ajar Akhlak tasawuf MA Kelas 12. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu studi dokumen yang ada pada buku ajar Akhlak tasawuf MA Kelas 12 dan KMA 183 tahun 2019. Sedangkan untuk menjawab permasalahan, teknis yang digunakan adalah content analysis. Analisis data dilakukan secara sistematis dan logis dimulai dari membaca dan menelaah data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Buku Ajar Akhlak Tasawuf MA kelas 12 dilihat dari aspek KI dan KD yang terumuskan dalam buku tersebut telah sesuai dengan pesan kurikulum Akidah Akhlak, serta pokok-pokok materi yang disajikan dengan rinci. Rinciannya memberikan pemahaman mendalam kepada siswa Madrasah Aliyah kelas 12. Kedua, Penyajian kedalaman dan keluasan materi dalam buku ajar Akhlak Tasawuf MA kelas 12 sangat sesuai dengan pola pikir siswa. Uraian yang sangat sederhana membuatnya mudah dipahami oleh siswa Madrasah Aliyah. Selain itu, buku ini juga terbukti applicable (relevan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 05:00
Last Modified: 09 Jan 2024 05:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27048

Actions (login required)

View Item View Item