Efektivitas Model Visualization Auditory Kinesthetic Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas 5 MIN 2 Ponorogo

Widyasari, Anggi Tri (2023) Efektivitas Model Visualization Auditory Kinesthetic Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas 5 MIN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190010_Anggi Tri Widyasari_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Widyasari, Anggi Tri. 2023. Efektivitas Model Visualization Auditory Kinesthetic Untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas 5 MIN 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing, Dr. Retno Widyaningrum, M. Pd.

Kata Kunci: Visualization Auditory Kinesthetic, Komunikasi Matematis
Penelitian ini di latarbelakangi oleh siswa yang belum dapat menguasai konsep matematis. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kurang dari 50%, siswa belum dapat terampil dalam menguraikan materi dalam bahasa sendiri, terdapat beberapa siswa yang belum memiliki minat ketika kegiatan pembelajaran matematika berlangsung. Hal tersebut berpengaruh terhadap kurangnya komunikasi matematis siwa. Adapun hasil tang mempengaruhi adanya minat belajar siswa yaitu faktor eksternal dan faktor internal.
Penelitian ini bertujuan; Untuk mengetuhui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic pada siswa kelas 5 MIN 2 Ponorogo; untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis menggunakan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic pada siswa kelas 5 MIN 2 Ponorogo; Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic efektif dapat meningkatkan komunikasi matematis pada siswa kelas 5 MIN 2 Ponorogo.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Degan jumlah sampel sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sedangkan untuk analisis data rumusan satu menggunakan deskriptif kuantitatif dan rumusan masalah dua dan tiga menggunakan uji Independent T Test dan uji N. Gain.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; Keterlaksanaan model pembelajaran visualization auditory kinesthetic mencapai 93,5% dikatakan terlaksana sangat baik; Komunikasi siswa dalam menggunakan model pembelajaran visualization auditory kinesthetic mencapai 67,3 dinyatakan meningkat; Efektivitas model pembelajaran visualization auditory kinesthetic mencapai 59,79% dinyatakan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 05:01
Last Modified: 09 Jan 2024 05:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27047

Actions (login required)

View Item View Item