Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas 4 di MIN 3 Magetan

Lanastari, Dinana Vika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas 4 di MIN 3 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DINANA VIKA LANASTARI 203190033.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran sangat penting untuk menarik perhatian siswa dalam
kegiatan belajar mengajar, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan tercapai.
Penerapan model pembelajaran yang sesuai juga akan memberikan dampak bagi
siswa, salah satunya yaitu kemampuan berargumentasi siswa dapat berkembang.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berargumentasi siswa
dalam pembelajaran berlangsung. Penerapan model pembelajaran ini dapat
dijadikan alternatif guru untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah model pembelajaran
inside outside circle dapat diterapkan sebagai suatu upaya untuk meningkatkan
kemampuan berargumentasi siswa, dan pengaruh model pembelajaran inside
outside circle terhadap kemampuan berargumentasi siswa MIN 3 Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 3 Magetan, dengan populasi 1011
siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan jumlah
58 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa pre test dan post test.
Berdasarkan hasil analisis data ditunjukkan bahwa model pembelajaran
inside outside circle dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa. Hal
ini dibuktikan dengan hasil post test pada kelas eksperimen yang meningkat, dan
adanya pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap kemampuan
berargumentasi siswa, dibuktikan dengan hasil uji independent sample t test, yang
menunjukkan t hitung 14,523 lebih besar dibandingkan t tabel 0,56, dan nilai
signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan 0,05. Artinya Ho ditolak
dan Hi diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
model pembelajaran inside outside circle terhadap kemampuan berargumentasi
siswa di MIN 3 Magetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 05:01
Last Modified: 09 Jan 2024 05:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27046

Actions (login required)

View Item View Item