(KEASLIAN TULISAN BELUM ADA..UPLOAD ULANG)..Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran di MA Tahfidz Al-Quran Plus Al-Ishlah Tambakmas Kebonsari Madiun.

Ayuningtias, Rindy and Al baqi, Safiruddin (2024) (KEASLIAN TULISAN BELUM ADA..UPLOAD ULANG)..Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran di MA Tahfidz Al-Quran Plus Al-Ishlah Tambakmas Kebonsari Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI RINDY AYUNINGTIAS 201180191.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Ayuningtias, Rindy. 2023. Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran di MA Tahfidz Al-Quran Plus Al-Ishlah Tambakmas Kebonsari Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing, Safiruddin Al Baqi, M.A.
Kata kunci : Hafalan Al-Quran, Metode Sorogan, Program Tahfidz.
Menghafal Al-Quran merupakan pekerjaan yang cenderung sulit dari pada membacanya. Hal ini terjadi karena selain memiliki lembaran yang sangat banyak, Al-Quran memiliki banyak ayat-ayat yang mirip. Oleh karena itu dalam mencapai tujuan untuk menghafalkan Al-Quran, dibutuhkan metode yang sesuai untuk membantu siswa dalam hafalannya. Oleh karena itu dalam mencapai tujuan untuk menghafal dibutuhkan metode yang sesuai untuk meningkatkan mutu hafalan Al-Quran. Ada satu ciri khas di MA Tahfidz Al-Quran Plus Al-Ishlah bahwa metode sorogan sebagai metode yang cocok untuk meningkatkan hafalan Al-Quran.
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan metode sorogan hafalan Al-Quran di MA Tahfidz Al-Quran Plus Al-Ishlah Tambakmas Kebonsari Madiun. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode sorogan dalam meningkatkan mutu hafalan Al-Quran di MA Tahfidz Al-Quran Plus Al-IshlahTambakmas Kebonsari Madiun. (3) Untuk mengetahui evaluasi metode sorogan hafalan Al-Quran di MA Tahfidz Al-Quran Plus Al-Ishlah Tambakmas Kebonsari Madiun dengan menggunakan metode sorogan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Milles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Metode Sorogan dalam Meningkatkan Mutu Hafalan di MA Tahfidz Al-Quran Plus Al-Ishlah sangat efektif juga menjadikan siswa lebih aktif untuk belajar, dan cepat paham karena para siswa setoran langsung di awasi oleh pembimbing. (2) faktor pendukung dan penghambat (a) faktor pendukung: Dengan adanya sarana dan prasarana serta pembimbing hafalan yang ada di MA Tahfidz Al-Quran Plus Al-Ishlahdapat menunjang proses penerapan metode sorogan hafalan Al-Qur'an. (b) Faktor penghambat: kurangnya dukungan dari orang tua utamanya dari teman sekitar sehingga siswa-siswi waktu sorogan ada yang tidak menambah hafalan. (3) Hasil hafalan Al-Quran di MA Tahfidz Al-Quran Plus Al-Ishlahdengan menggunakan metode sorogan sangat baik karena yang di nilai adalah aspek tajwid agar benar-benar tertanam tidak asal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 05:04
Last Modified: 09 Jan 2024 05:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27045

Actions (login required)

View Item View Item