NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK DALAM KITAB BURDAH KARYA IMAM SYARIFUDIN ABU ABDILLAH MUHAMMAD AL BUSYIRI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH

Mufika Zahrotun Azizah, Mufika (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK DALAM KITAB BURDAH KARYA IMAM SYARIFUDIN ABU ABDILLAH MUHAMMAD AL BUSYIRI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Bagi mufika zahrotun azizah, 210317342-1.pdf

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK

Azizah, Mufika Zahrotun. 2023. Nilai-nilai Pendidikan Akidah Akhlak dalam Kitab Burdah Karya Imam Syarifudin Abu Abdillah Muhammad Al Busyiri dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.

Kata Kunci: Nilai Pendidikan Akidah Akhlak, Burdah, Madrasah

Mata pelajaran Akidah Akhlak di madrasah merupakan salah satu cara menanamkan nilai-nilai kebaikan agama kepada peserta didik meliputi nilai-nilai akidah Islamiyah dan akhlakul karimah serta membentuk karakter terhadap peserta didik tersebut. Tujuan dari pendidikan akidah akhlak ini adalah agar peserta didik dapat memiliki karakter baik menurut agama Islam, baik itu bersikap kepada Allah swt, kepada diri sendiri, kepada orang lain, kepada alam serta lingkungan sekitar, bahkan kepada bangsa dan tanah air.
Oleh sebab itu, dengan mempelajari dan menggali nilai-nilai pendidikan akidah akhlak yang terkandung di dalam kitab Burdah diharapkan mampu memberikan khazanah keilmuan terhadap materi-materi Akidah Akhlak di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan nilai-nilai pendidikan akidah yang terdapat dalam kitab Burdah karya Imam Syarifudin Abu Abdillah Muhammad Al Busyiri, (2) menjelaskan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Burdah karya Imam Syarifudin Abu Abdillah Muhammad Al Busyiri, (3) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akidah akhlak yang terdapat dalam kitab Burdah karya Imam Syarifudin Abu Abdillah Muhammad Al Busyiri dengan materi Akidah Akhlak di madrasah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian ini adalah kajian kepustakaan atau library research dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Analisis data yang dipakai adalah analisis isi (Content analysis). Analisis data dilakukan dengan cara mengorganisasikan data, menjabarkan, menyusun kedalam pola, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akidah akhlak dalam kitab Burdah terdiri dari:
(1) pendidikan akidah: iman kepada malaikat, iman kepada kita-kitab Allah, iman kepada Rasul, iman kepada Malaikat, iman kepada hari kiamat, iman kepada qodo dan qodar. (2) pendidikan akhlak: taqwa, taubat, sabar, tawakal, syukur, ‘iffah, tawaḍu’, nafsu, akhlak yang baik, dermawan, ukhuwah, optimis. (3) Nilai-nilai pendidikan akidah akhlak dalam kitab Burdah relevan dengan materi Akidah Akhlak di Madrasah meliputi: Materi iman kepada malaikat kelas 10 Madrasah Aliyah, materi iman kepada kitab-kitab Allah kelas 10 Madrasah Aliyah, materi iman kepada Rasul kelas 10 Madrasah Aliyah, materi iman kepada hari kiamat kelas 10 Madrasah Aliyah, materi taqwa tidak ada di buku Madrasah Aliyah, materi taubat kelas 10 Madrasah Aliyah, materi sabar kelas 10 Madrasah Aliyah, materi tawakal kelas 10 Madrasah Aliyah, materi syukur kelas 10 Madrasah Aliyah, materi iffah kelas 10 Madrasah Aliyah, materi tawadhu’ kelas 10 Madrasah Aliyah, materi ukhuwah kelas 12 Madrasah Aliyah, materi optimis kelas 10 Madrasah Aliyah, materi Berakhlak yang Baik kelas 10, 11, 12.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 05:05
Last Modified: 09 Jan 2024 05:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27043

Actions (login required)

View Item View Item