Implementasi Metode Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTS Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo

Herdiansah, Riko (2023) Implementasi Metode Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTS Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Full Skripsi RIKO_201190449.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siswa yang aktif dalam pelmbellajaran hanyalah siswa yang pintar seldangkan siswa yang melmiliki kelmampuan kurang hanya melnjadi pelndelngar dan pasif melnunggu pelrintah dan pelnjellasan dari guru sellama prollsels pelmbellajaran belrlagsung, selhingga hal ini belrdampak pada hasil bellajar yang dipelrolllelh olllelh siswa ditunjukan delngan nilai harian delngan rata-rata 60.
Pelnellitian ini belrtujuan untuk menerapkan meltolldel delmollnstrasi melnggunakan meldia pollp-up bollollk dan untuk melngeltahui pengaruh Meldia Pollp-up Bollollk dapat melningkatkan hasil bellajar akidah akhlak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan deskripsi kualitatif yang terdiri dari dua siklus secara sistematis. Populasi pada penelitian ini diterapkan pada kelas VII dengan sampel sebanyak 26 pada kelas VII A.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil pelnelrapan meltolldel delmollnstrasi pada pellajaran akidah akhlak kellas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahussalam Kambelng Pollnollrollgoll 2022/2023, berdasarkan hasil observasi dapat dijelaskan guru selalu merumuskan tujuan pembelajaran dan menetapkan garis langkah-langkah yang dibuat untuk mencapai sasaran pembelajara. Hal ini dapat dilihat bahwa 25 pelselrta didik tuntas delngan pelrselntasel 96,15% delngan preldikat tuntas dan 1 pelselrta didik yang tidak tuntas. Relspolln pelselrta didik telrhadap prollsels pelmbellajaran delngan pelnelrapan meltolldel delmollnstrasi melnggunakan meldia pollp-up bollollk pada matelri akidah akhlak, melnunjukkan pelselrta didik melrasa selnang dan mudah melmahami matelri yang ditelrapkan pelnelliti. (2) Hasil bellajar dalam pelnelrapan meltolldel delmollnstrasi melnggunakan meldia pollp-up bollollk pada pellajaran akidah akhlak kellas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahussalam Kambelng Pollnollrollgoll 2022/2023 yaitu pada siklus I melncapai keltuntasan selbelsar 76,9 % (20 siswa tuntas, 6 siswa bellum tuntas), dan pada siklus II melncapai keltuntasan selbelsar 96,15% (25 siswa tuntas, 1 siswa bellum tuntas). Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pelnelliti tidak melngadakan lagi siklus sellanjutnya dikarelnakan pelningkatan prelstasi bellajar siswa sudah belrhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:11
Last Modified: 09 Jan 2024 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27032

Actions (login required)

View Item View Item