..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Analisis Materi Fikih Kelas VIII MTs Dengan Tema Makanan Halal dan Haram Ditinjau Dari Al-Qur'an Surat Al-Maidah Ayat 3 Menurut Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Azhar

Munawaroh, Nunung Latifatul (2023) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Analisis Materi Fikih Kelas VIII MTs Dengan Tema Makanan Halal dan Haram Ditinjau Dari Al-Qur'an Surat Al-Maidah Ayat 3 Menurut Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Azhar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Munawaroh, Nunung Latifatul. 2023. Analisis Materi Fikih Kelas VIII MTs dengan Tema Makanan Halal dan Haram Ditinjau dari Al-Qur’an Surat Al-Maidah Ayat Menurut Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Azhar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.

Kata Kunci :Makanan, Halal dan Haram, Tafsir, Materi Fikih

Problematika terkait makanan halal dan makanan haram masih menjadi perdebatan sampai saat ini. Problem ini biasanya muncul karena adanya keraguan masyarakat terkait mana makanan yang halal dan mana makanan yang haram sesuai dengan ajaran yang mereka ikuti.
Penelitian ini bertujuan untuk ;1) mengetahui penafsiran surat al-Maidah ayat 3 dengan tema makanan halal dan haram menurut tafsir al-misbah dan al-azhar ;2) mengetahui relevansi materi fikih kelas VIII MTs dengan tema makanan halal dan haram menurut tafsir al-misbah dan tafsir al-misbah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research). Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah dari al-Qur’an dan tafsir al-Qur’an. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini menggunakan berbagai macam literatur pendukung yang berhubungan dengan objek penelitian. Analisis penelitian menggunakan teknik analisis isi, dimana dalam teknik ini menggunakan 4 langkah dalam pelaksanaannya.
Berdasarkan hasil analisis data yang ditemukan bahwa: 1) Dalam Islam makanan halal adalah makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh syariat Islam yang mana dikategorikan dalam 2 macam yaitu halal dan baik. Sedangkan makanan haram makanan yang dilarang oleh Islam yang didalamnya terdapat zat yang diharamkan, yang mana apabila kita mengkonsumsinya akan mendapatkan dosa besar. Makanan haram menurut M. Quraish Shihab mengatakan bahwa makanan haram itu ada dua macam, yaitu yang haram karena zatnya seperti babi, bangkai, dan darah.sedangkan menurut Hamka makanan yang halal merupakan sekelompok binatang ternak yang biasa dipelihara oleh beberapa orang, seperti: unta, kambing, biri-biri, dan sapi, ayam dan itik. Makanan haram adalah makanan yang diharamkan bagi kamu. 2)Terkait materi fikih kelas VIII MTs dengan tema makanan halal dan haram jika ditinjau dari tafsir al-Misbah mempunyai keterkaitan antara keduanya. Yang menjadi perbedaan diantara keduanya yaitu, jika dalam materi fikih dijelaskan juga terkait minuman yang halal dan haram, namun berbeda dengan yang ada di tafsir al-Misbah yang mana hanya menjelaskan mengenai makanan yang halal dan haram. Selanjutnya, terkait materi fikih kelas VIII MTs dengan tafsir al-Azhar juga mempunyai keterkaitan sama halnya dengan kesamaan antara materi fikih kelas VIII MTs dengan tafsir al-Misbah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:08
Last Modified: 09 Jan 2024 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27029

Actions (login required)

View Item View Item