Upaya Pembentukan Kecerdasan Spiritual Melalui Aktivitas Keagamaan Di Mi Al-Kautsar Durisawo Ponorogo

Munawaroh, Munawaroh (2023) Upaya Pembentukan Kecerdasan Spiritual Melalui Aktivitas Keagamaan Di Mi Al-Kautsar Durisawo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
MUNAWAROH-203190074-PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Munawaroh. 2023. Upaya Pembentukan Kecerdasan Spiritual Melalui Aktivitas Keagamaan di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh. Miftahul Choiri M.A.
Kata Kunci : Kecerdasan Spiritual, Kegiatan Keagamaan
Kecerdasan spiritual merupakan salah satu kecerdasan yang berkaitan dengan perasaan atau hati manusia. Kecerdasan ini dapat mengarahkan seseorang untuk memiliki jiwa yang baik, serta memiliki kedekatan yang baik dengan penciptanya sehingga nantinya akan berdampak terhadap perilaku serta sikapnya. oleh sebab itu MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo memilih mengadakan pembiasaan Aktivitas keagamaan terhadap peserta didiknya, hal tersebut bertujuan agar mereka terbiasa dalam melaksanakan aktivitas keagamaan dan menjadi salah satu upaya dalam penanaman pembentukan yang baik sejak dini. Aktivitas ini terdiri dari kegiatan sholat duha, membaca asmaul husna, bina nafsiyah, tahfidz, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, sholat dzuhur berjamaah, qoilulah.
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui upaya lembaga sekolah dalam membentuk kecerdasan spiritual melalui aktivitas keagamaan; (2) mengetahui pelaksanaan aktivitas keagamaan yang diterapkan di sekolah; (3) mengetahui kontribusi dari aktivitas keagamaan dalam membentuk kecerdasan spiritual.
Adapun dalam melakukan penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya studi kasus, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang bersifat induktif yaitu melakukan analisis data yang sudah diperoleh. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian teknik analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan menggunakan tiga tahapan diantaranya yaitu: pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation) data display, penarikan kesimpulan (conclusion drawing). pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan kekuatan pengamatan (presistent observasi), triangulasi pemeriksaan sejawat melalui diskusi (peer debriefing).
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya (1) kegiatan keagamaan yang dibiasakan di sekolah merupakan salah satu bentuk upaya sekolah dalam membentuk kecerdasan spiritual peserta didiknya, salah satunya yaitu membiasakan melakukan beberapa kegiatan keagamaan sejak dini (2) pelaksanaan kegiatan keagamaan yang diterapkan di sekolah ini bersifat pembiasaan dan nantinya akan menjadi kebiasaan yang baik sejak dini serta akan berdampak baik untuk sekarang dan kemudian hari (3) kegiatan keagamaan yang sudah diterapkan yang sudah menjadi kebiasaan peserta didik akan memberikan beberapa kontribusi yang baik untuk membentuk kecerdasan spiritual peserta didik sejak dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:02
Last Modified: 09 Jan 2024 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27026

Actions (login required)

View Item View Item