Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Melalui Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD Ma’arif Ponorogo

Nurhana, Mega (2023) Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Melalui Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD Ma’arif Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190264_Mega Nurhana_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurhana, Mega. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Melalui Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD Ma’arif Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Hanin Niswatul Fauziah, M.Si.

Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, Picture and Picture, Ular Tangga, IPA

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pelajaran yang penting diberikan kepada siswa karena mengajarkan konsep tentang lingkungan alam, namun pada kenyataan banyak siswa yang hasil belajarnya tidak tuntas. Hal tersebut dikarenakan penyampaian materi oleh guru yang kurang menarik dan tidak adanya penggunaan media pembelajaran sehingga menyebapkan hasil belajar siswa sangat rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti akan menerapkan model pembelajaran picture and picture melalui media ular tangga yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar IPA, karena model pembelajaran picture and picture sesuai dengan teori perkembangan kognitif anak oleh Piaget yaitu fase operasional kongkrit. Pengunaan media ular tangga juga berperan menambah antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran picture and picture melalui media ular tangga di kelas IV SD Ma’arif Ponorogo. (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SD Ma’arif Ponorogo setelah diterapkannya model pembelajaran picture and picture.(3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Ma’arif Ponorogo setelah diterapkannya model pembelajaran picture and picture
Penelitian ini disusun menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun teknik analisi data yang digunakan adalah teknik analisi data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Ma’arif Ponorogo yang berjumlah 32 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) penerapan model pembelajaran picture and picture melalui media ular tangga berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru, nilai persentase pada siklus I sebesar 83,15% dan siklus II dengan nilai sebesar 88,04%. Aktivitas siswa juga berjalan dengan baik, nilai persentase siklus I sebesar 79,34% dan pada siklus II sebesar 82,60%. (2) Keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa tentu mempengaruhi hasil belajar. Sebelum diterapkanya model pembelajaran picture and picture melalui media ular tangga banyak siswa yang belum tuntas namun setelahnya banyak yang tuntas. (3) Hasil belajar mengalami peningkatan, pada nilai persentase ketuntasan klasikal yang dicapai saat pra tindakan yaitu 25% (tidak tuntas), kemudian mengalami peningkatan pada siklus I dengan perolehan nilai persentase sebesar 71,87% (tuntas), adapun peningkatan yang terjadi antara pra tindakan dan siklus I sebesar 43,87%, pada siklus II mendapatkan nilai persentase sebesar 87,50% maka antara siklus I dan siklus II juga terdapat peningkatan yang cukup signifikan yaitu meningkat sebesar 15,63%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:57
Last Modified: 09 Jan 2024 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27017

Actions (login required)

View Item View Item