Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas X SMKN 1 Badegan Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Badri, Ahmad Romadon (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas X SMKN 1 Badegan Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Badri, Ahmad Romadon, 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di
Kelas X SMKN 1 Badegan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu KeguruanInstitut Agama
Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Efendi, M.Ag
Kata Kunci: Kurikulum, Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Islam. SMKN 1 Badegan Ponorogo merupakan lembaga pendidikan menengah
kejuruan yang notabenya adalah negeri. Di SMKN 1 Badegan Ponorogo sudah
menggunakan kurikulum merdeka belajar sejak tahun ajaran 2022/2023. Sesuai
dengan anjuran pemerintah serta menyesuaikan dengan dinamika pendidikan, karena alasan itulah SMKN 1 Badegan Ponorogo menerapkan kurikulum merdeka
belajar. Pada implementasi kurikulum ini keanekaragaman peserta didik menjadi
tantangan bagi guru seperti yang ada di SMKN 1 Badegan Ponorogo khususnya di
kelas X pada mata pelajaran PAIBP kegiatan pembelajaran sering di dominasi
oleh siswa yang memiliki latar belakang organisasi sedangkan siswa yang tidak
memiliki latar belakang organisasi cenderung pasif. Hal tersebut menjadi
permasalahan sekaligus tantangan bagi guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam
kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan perencanaan kurikulum
merdeka belajar kelas X SMKN 1 Badegan Ponorogo tahun ajaran 2022/2023
pada mata pelajaran PAIBP. (2) Menjelaskan implementasi kurikulum merdeka
belajar kelas X SMKN 1 Badegan Ponorogo tahun ajaran 2022/2023 pada mata
pelajaran PAIBP. (3) Menjelaskan Assesmen kurikulum merdeka belajar kelas X
SMKN 1 Badegan Ponorogo tahun ajaran 2022/2023 pada mata pelajaran PAIBP. Jenis penelitian ini adalah studi kasus pendekatan penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik
interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data (data
condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan
(conclusions drawing). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum
merdeka di kelas X SMKN 1 Badegan Ponorogo pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti meliputi: (1) perencanaan, pada tahap perencanaan
hal yang dilakukan oleh guru adalah memahami CP, merumuskan TP, menyusun
ATP serta merencanakan pembelajaran dan assesmen. (2) pelaksanaan, pelaksanaan pembelajaran dilakukan guru dengan diferensiasi pembelajaran . (3)
Assesmen, assesmen yang dilakukan guru yaitu menggunakan assesmen
diagnostik, formatif dan summatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:48
Last Modified: 09 Jan 2024 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27004

Actions (login required)

View Item View Item