Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas V di MI Mamba'ul Huda Ngabar

Samsiyah, Nur (2023) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas V di MI Mamba'ul Huda Ngabar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Nur Samsiyah_Watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis harus ditingkatkan agar peserta didik
dapat menyelesaikan permasalahan matematika dengan baik. Kemampuan
komunikasi matematis setiap peserta didik berbeda-beda sesuai dengan
kemampuan peserta didik dalam memprosesinformasi. Perbedaan cara memproses
informasi peserta didik dikenal sebagai gaya kognitif. Kemampuan komunikasi
matematis di MIMamba’ul Huda Ngabar ini perlu dieksplorasi lebih dalam, peserta
didik kurang bisa mengekspresikan kemampuan dalam berkomunikasi baik secara
lisan maupun tulisan. Sehingga perlu dikaji lebih dalam terkait kemampuan
komunikasi matematis ditinjau dari gaya kognitif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) kemampuan
komunikasi matematis pada Peserta didik berdasarkan gaya kognitiffield dependent
dan field independent; (2) perbedaan kemampuan komunikasi matematis pada
peserta didik berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent; dan
(3) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis
Peserta didik field dependent dan field independent.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologi. Pengambilan sampel sumber data dilakukan dengan pengisian
angket gaya kognitif. Adapun pengambilan data dilakukan dengan tes dan
wawancara kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data menggunakan
model analisis Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan,sedangkan dalam pengecekan keabsahan data menggunakan
triangualis teknik.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) kemampuan
komunikasi matematis peserta didik dengan gaya kognitif field dependent kurang
baik. Peserta didik dengan gaya kognitif field dependent menguasai indikator
written text di semua soal, tetapi untuk indikator drawing dan mathematical
exspression kurang dikuasai peserta didik di semua soal. Sedangkan dalam peserta
didi dengan gaya kognitif field independent memilik kemamuan komunikasi
matematis yang cukup baik, indikator mathematical ekspression di soal nomor 1
dan 2 dalam menyajikan model matematika saja yang kurang dikuasai peserta didik
gaya kgnitif field independent, indikator lainya mampu dikuasai dengan baik; (2)
perbedaan kemampuan komunikasi matematis dari gaya kognitif field dependent
subjek S1 dan subjek S2 kurang mampu dalam menuasai semua indikator
kemampuan komuikasi matematis,sedangkan untuk subjek S3 dan S4 dengan gaya
kognitiffield independent memiliki kemampuan komunikasimatematis yangcukup
baik, karena hanya 1 indikator yang kurang mampu dikuasai dengan baik; (3)
Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis adalah
pengetahuan prasyarat dan pemahaman matematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:46
Last Modified: 09 Jan 2024 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27003

Actions (login required)

View Item View Item