Implementasi Cambridge Curriculum dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Siswa Di MTsN 2 Ponorogo

Indriani, Dewi (2023) Implementasi Cambridge Curriculum dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Siswa Di MTsN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi 206190134 Dewi Indriani.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mutu pembelajaran berarti kemampuan lembaga pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran secara efisien dan efektif sehingga dapat menghasilkan manfaat yang bernilai tinggi bagi pencapain tujuan pengajaran yang telah ditentukan. MTsN 2 Ponorogo merupakan salah satu lembaga pendidikan di Ponorogo yang menerapkan Cambridge curriculum pada salah satu program kelas internasional atau biasa disebut ICP (International Class Program). Tujuan dari diterapkannya Cambridge curriculum adalah untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang ada di MTsN 2 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi implementasi Cambridge currulum dalam peningkatan mutu pembelajaran di MTsN 2 Ponorogo; (2) Pendukung dan penghambat pengimplementasian Cambridge currulum dalam peningkatan mutu pembelajaran di MTsN 2 Ponorogo; (3) Hasil pengimplementasian Cambridge curriculum dalam peningkatan mutu pembelajaran siswa di MTsN 2 Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Pencarian data mengggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan model analisa Milles, Hubermen, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan (1) Strategi implementasi Cambridge Curriculum yang ada di MTsN 2 Ponorogo yaitu diawali dengan perencanaan berupa persiapan SDM, persiapan sarana dan prasarana, serta persiapan dokumen kurikulum; pelaksanaan berupa pembelajaran di kelas dengan berfokus penggunaan bahasa Inggris; evaluasi berupa pelaksanaan PTS, PAS, IPT, check point, dan evaluasi tahunan bagi tenaga pendidik; (2) faktor pendukung implementasi kurikulum berupa sarana dan prasarana yang memadai, tenaga pendidik yang berkualitas, minat dan bakat siswa; faktor penghambat berupa perbedaan latar belakang wali peserta didik, kurangnya pembiasaan penggunaan berbahasa Inggris; (3) hasil pengimplementasian Cambridge curriculum berupa prestasi yang diperoleh peserta didik,rasa percaya diri, motivasi, kemampuanberbahasa Inggris, dan sikap responsive peserta didik yang semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:42
Last Modified: 09 Jan 2024 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27000

Actions (login required)

View Item View Item